NKK Mulai “Dikeroyok”

KOTAMOBAGU – Perbaikan nomor kartu keluarga (NKK) invalid daftar pemilih tetap (DPT) terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu.

Alhasil, kini dari jumlah NKK invalid sebanyak 26 ribuan perlahan sudah turun, meskipun belum terlalu signifikan. “Kami akan berusaha terus melakukan pencermatan, bahkan ditemani PPS dan PPK,” kata Yusril Kobandaha, operator sidalih KPU Kotamobagu, Selasa (18/04/14) siang.

Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi data informasi, Asep Sabar, menambahkan bahwa pihaknya sudah berkomunikasi langsung dengan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kotamobagu yang baru dilantik, Abdul Rahman Mopobela.

“Kadis mendukung usulan KPU untuk mengeroyok penuntasan DPT, khususnya NKK yang masih kosong. Bahkan kadis memberikan fasilitas bila ada staf KPU yang akan bekerja di Discapil,” kata Asep kepada media ini.

Masih kata Asep, KPU Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sudah memberikan batas waktu penuntasan NKK invalid hingga dengan Rabu (19/02/14). “Karena itu kami tidak menyia-nyiakan waktu yang ada untuk memaksimalkan NKK ini. Kalau soal nomor induk kependudukan (NIK) sudah tuntas, itupun salah satunya berkat kerjasama dengan Disdukcapil, selain PPS dan PPK serta para sangadi dan kepala desa.” (**)

Leave a Reply