Home / Berita / Nasdem, PKS dan Berkarya Tuntas

Nasdem, PKS dan Berkarya Tuntas

KOTAMOBAGU – Tiga partai politik calon peserta Pemilu 2019, yakni Nasdem, PKS dan Berkarya sudah diverifikasi faktual (fervak) oleh KPU Kota Kotamobagu, Selasa (30/01/18).
Ketua KPU Kota Kotamobagu, Nova Tamon yang didampingi empat komisioner lainnya; Amir Halatan, Asep Sabar, Iwan Manoppo dan Aditya Tegela serta Sekretaris Frans TA Manoppo, mengatakan bahwa verifikasi faktual terhadap 12 partai peserta pemilu 2014 itu merupakan tindak lanjut putusan Mahkamah Konstitusi (MK).
“Mulai hari ini hingga lusa kami melakukan verfak parpol-parpol calon peserta Pemilu 2019. Kami sudah susun jadwalnya,” kata Nova saat ditanya wartawan saat verfak di Kantor Partai Nasdem Kota Kotamobagu.
Nova mengatakan, pada hari pertama tim KPU Kota Kotamobagu akan memverifikasi faktual tiga parpol, yakni Partai Nasdem, Partai keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Berkarya. “KPU Kota Kotamobagu Sudah membagi lima tim verifikasi. Bahkan lima komisioner langsung turun ke semua parpol yang waktunya berbeda-beda. Tentunya juga didampingi sekretariat.”
Adapun hal-hal yang diverfak terhadap parpol-parpol calon peserta Pemilu 2019 adalah terkait dengan kepengurusan, terutama ketua, sekretaris dan bendahara. Kemudian sekretariat, keterwakilan perempuan, serta persebaran pengurus di empat kecamatan sesuai yang ada sistem informasi partai politik (sipol).
Hasil verfak yang dilakukan KPU Kota KOtamobagu dan timnya pada hari pertama ini, ketiga partai yakni Nasdem, PKS dan Berkarya dinyatakan memenuhi syarat.
“Hanya saja untuk keputusan terakhir apakah parpol-parpol yang diverfak ini bisa menjadi peserta Pemilu 2019, semuanya berada ditangan KPU RI. Kami di sini hanya mengikuti aturan yang sudah diinstruksikan oleh KPU RI untuk melakukan verfak,” pungkas Amir Halatan, Ketua Divisi Hukum yang juga penanggungjawab verfak parpol calon peserta Pemilu 2019. (**)

JADWAL VERFAK PARPOL
Selasa, 30 Januari 2018
1. Nasdem
2. PKS
3. Berkarya

Rabu, 31 Januari 2018
1. Demokrat
2. Hanura
3. PPP
4. PBB
5. PKPI

Kamis, 01 Februari 2018
1. PDI Perjuangan
2. Gerindra
3. PKB
4. PAN
5. Golkar
Sumber: KPU Kota Kotamobagu, 2018

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …