Nama Ganda Dibersihkan

KOTAMOBAGU – Penundaan penetapan Daftar Pemilih tetap (DPT) secara nasional berdampak positif. Karena ternyata, setelah dilakukan pencermatan berulang-ulang masih banyak nama pemilih ganda yang harus di-cross check langsung ke Panitia Pemungutan Suara (PPS). “Memang, ada nama-nama ganda, tapi semuanya sudah kami bersihkan,” kata Ketua KPU Kotamobagu, Nayodo Koerniawan di kantornya, Kamis (31/10) kemarin.

Dia menambahkan, upaya pembersihan data sudah sangat nyata dan mudah-mudahan sebelum tanggal 2 November semua sudah bersih. “Pasca memundurkan jadwal penetapan DPT, KPU langsung mengatur jadwal kerja hingga ke kabupaten/kota untuk merapihkan kembali daftar pemilih hingga akhir Oktober.

Untuk data pemilih yang NIK-nya tidak lengkap akan dibantu untuk dicarikan padanannya di DP4 dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dikcapil) yang menjadi sumber menetapkan DPT. “Yang tersisa sebetulnya tidak banyak, tapi kami setuju harus dibersihkan sehingga DPT akurat,” tambahnya.

Nayodo berharap, mudah-mudahan akan tuntas jadi nol persen (data bermasalah) bila perlu. “Setelah tanggal 1 November ditetapkan di Kabupaten/Kota, kemudian di provinsi tanggal 2 dan nasional ditetapkan tanggal 4 November,” pungkas Nayodo. (dh/kk

KPU Tetapkan Jadwal Kampanye
Ketua KPU Kotamobagu, nayodo Koerniawan

)

Leave a Reply