Home / Berita / Mutarlih Masuk Tahapan DPHP

Mutarlih Masuk Tahapan DPHP

KOTAMOBAGU – Setelah diakukan pencocokan dan penelitian (coklit), tahapan pemutakhiran daftar pemilih (mutarlih) kini memasuki penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran (DPHP).
“Tahapan DPHP sehari setelah penutupan masa coklit oleh Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP), yakni 19 Februari hingga 4 Maret 2018 mendatang,” tegas Asep Sabar, anggota KPU Kota Kotamobagu yang membidangi data pemilih di kantornya, Senin (26/02/18).
Perlu diketahui bahwa hasil coklit data pemilih yang dilakukan PPDP selama hampir sebulan, total jumlah pemilih yang ada di Kota Kotamobagu sebanyak 90.395 orang (A.KWK) dari total pemilih sebagaimana Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) hanya 90.031 orang.
Dari total jumlah pemilih tersebut bila dipilah-pilah menjadi 45.738 orang untuk pemilih laki-laki dan 44.657 untuk pemilih perempuan. Total rumah yang dikunjungi oleh PPDP selama tahapan coklit sebanyak 13.235 atau sekitar 38.716 kepala keluarga (KK).
“Perbedaan antara rumah dan KK tersebut karena ada kalanya dalam satu rumah ada dua sampai tiga KK,” kata Yusril Kobandaha, admin sekaligus operator sidalih KPU Kota Kotamobagu.
Usai tahapan DPHP ini, lanjut Asep, tahapan berikutnya adalah rekap yang akan dilaksanakan di tingkat kelurahan/desa, mulai 5-7 Maret 2018. Setelah itu rekapan ditingkat kecamatan tanggal 8-9 Maret 2018. Selanjutnya tanggal 10-16 Maret 2018 akan dilakukan rekapan DPHP tingkat KPU Kota Kotamobagu.
“Di rekapan ini aka nada penetapan DPHP menjadi daftar pemilih sementara (DPS) Pilkada 2018,” pungkas Asep sabar diiyakan Yusril. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …