Minim Surat Suara Rusak

KOTAMOBAGU – Kerusakan akibat percetakan ternyata sangat minim pada surat suara yang akan digunakan pada pemilu legislatif (pileg) di Kotamobagu.

“Buktinya, untuk surat suara DPD yang sudah selesai disortir dan dilipat saja, hanya 12 lembar yang dinyatakan rusak,” kata Nova Tamon, penanggungjawab logistik KPU Kotamobagu di ruang kerjanya, Senin (10/03/14).

Lebih lanjut Nova memperkirakan bahwa sortir dan pelipatan surat suara yang sementara berlangsung saat ini akan tuntas pada Rabu atau Kamis mendatang. “Hingga Senin baru surat suara DPD dan DPRD Provinsi yang sudah tuntas.”

Masih kata Nova, setelah disortir dan dilipat, surat suara tersebut nantinya akan dipisahkan berdasarkan daerah pemilihan serta TPS, dan dimasukkan ke dalam karung. “Hingga kini kami belum bisa memastikan jumlah surat suara yang sebenarnya, sambil menunggu sortir dan pelipatan yang sementara berlangsung. Dan kalau nantinya sudah diketahui, maka akan ditetapkan dalam rapat pleno.”

Sebagaimana diketahui, jumlah seluruh surat suara yang masuk ke KPU dari percetakan sebanyak 375 doz yang terdiri dari DPR RI 93 doz, DPD 93 doz, DPRD Provinsi 95 doz dan DPRD Kotamobagu 94 doz. Untuk DPRD Kotamobagu terdiri dari 39 doz Dapil I, 23 doz Dapil II dan 32 doz Dapil III. Setiap doz-nya berisi 1000 lembar surat suara. (**)

Leave a Reply