Masa Tanggapan Pencalonan Diperpanjang

Masa Tanggapan Pencalonan Diperpanjang

KOTAMOBAGU – Masa tanggapan masyarakat terhadap bakal pasangan calon Pilgub Sulut tahun 2020 diperpanjang dari sebelumnya tanggal 8 September 2020 menjadi 21 September 2020.
Menurut Ketua KPU Provinsi Sulawesi Utara, Ardiles Mewoh, perpanjangan tersebut didasari dari Pasal 91 PKPU Nomor 3 Tahun 2017 dimana dijelaskan bahwa untuk masukan dan tanggapan masyarakat tetap diterima sampai dengan tanggal 21 September 2020, atau sehari sebelum masa perbaikan dokumen persyaratan pencalonan dan syarat calon ditutup.
Untuk itu KPU Provinsi Sulut menginstruksikan kepada KPU Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara untuk tetap menyediakan kotak tanggapan masyarakat hingga tanggal 21 September 2020 mendatang. Dan, dalam kurun waktu itu akan dilakukan pembukaan kotak sebanyak empat kali yakni tanggal 8, 11, 15 dan 21 September 2020.
Masa tanggapan masyarakat tersebut terkait dengan pencalonan bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubenur Sulawesi Utara pada Pilkada Serentak Tahun 2020 ini. Sebagaimana diketahui, sejak dibukanya masa pendaftaran, ada tiga pasacangan calon yang sudah mendaftar ke KPU Provinsi Sulawesi Utara; yakni pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw, Christina E. Paruntu-Sehan S. Landjar dan Vonny A. Panambunan-Hendry Runtuwene.
Dasar kegiatan tersebut tertuang dalam Surat Ketua KPU RI bernomor: 728/PL.02.2-SD/06/KPU/IX/2020 perihal Pengumuman Dokumen Pasangan Calon Untuk Memperoleh Masukan dan Tanggapan Masyarakat dan diperkuat oleh surat dari KPU Sulawesi Utara.
KPU Kota Kotamobagu sendiri, sebagaimana disampaikan Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi teknis penyelenggaraan, sudah melakukan pembukaan kotak untuk yang kedua kali pada Jumat (11/09/2020) tepat pukul 16.. Wita. “Hadir dalam pembukaan kotak staf dari Bawaslu Kota Kotamobagu,” pungkas Asep. (***)