Home / Berita / Manfaatkan Helpdesk Silon

Manfaatkan Helpdesk Silon

KOTAMOBAGU – Tak lama lagi pendaftaran calon legislator (caleg) Pemilu 2019 dibuka secara serentak, tepatnya pada tanggal 4 Juli 2018 mendatang.
“Untuk itu KPU Kota Kotamobagu kembali mengaktifkan helpdesk pencalonan bagi mereka yang berkeinginan mendaftarkan diri menjadi bakal caleg,” kata Nova Tamon, Ketua KPU Kota Kotamobagu, Senin (11/06/18).
Menurut Nova, teknis pendaftaran calon saat ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Partai politik (parpol) diwajibkan menginput data pencalonan maupun bakal calon anggota DPRD Kota Kotamobagu ke aplikasi sistem pencalonan (Silon), sebelum mendaftar ke KPU Kota Kotamobagu.
“Para bakal calon harus input dulu ke Silon, setelah itu baru bisa mengajukan calegnya ke KPU Kota Kotamobagu. KPU Kota Kotamobagu hanya mengakomodir mereka-mereka yang sudah terdaftar di Silon,” jelas Nova yang juga Ketua Divisi Teknis KPU Kota Kotamobagu.
Lebih lanjut Nova menjelaskan manfaat digunakannya aplikasi Silon dalam Pemilu 2019 kali ini. “Yang pasti adalah membantu KPU Kota Kotamobagu mencegah adanya caleg yang mencalonkan diri di beberapa daerah pemilihan maupun tingkatan pemilihan.”
Nah, dengan adanya aplikasi silon, maka dapat terdeteksi siapa-siapa bakal calon yang nakal atau coba-coba. “Fungsi lainnya membantu memastikan terpenuhinya kuota minimal 30 persen perempuan pada daftar calon,” terang Nova.
Karena itu Nova berharap parpol-parpol untuk memanfaatkan helpdesk KPU Kota Kotamobagu. “Ini penting agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang memicu persoalan pada saat pengajuan calon nantinya. Helpdesk nantinya yang akan memandu operator parpol dalam memasukkan bakal calegnya ke silon.”
Dengan adanya helpdesk dan silon, konsultasi terkait pencalonan tidak perlu lagi dilakukan langsung oleh bakal caleg, tapi cukup melalui penghubung atau operator dari masing-masing parpol.
”Untuk tahapan pengajuan calon akan dimulai pada tanggal 4 Juli-17 Juli 2018 atau selama 14 hari. Sedangkan untuk input data ke Silon bisa dimulai 30 hari sebelum tahapan pendaftaran bakal caleg hingga hari terakhir pendaftaran,” pungkas Nova. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …