Home / Berita / Malam Ini, KPU FPT Calon PPK Pemilu

Malam Ini, KPU FPT Calon PPK Pemilu

KOTAMOBAGU – Usai melaksanakan Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Pilkada Serentak Kota Kotamobagu, lima personil KPU Kota Kotamobagu akan menggelar fit and propertest terhadap 24 orang calon PPK Pemilu, Senin (12/02/18) malam ini.
“Kami memang memanfaatkan waktu yang ada, mengingat tahapan pilkada maupun pemilu yang begitu padat,” kata Iwan Manoppo, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi SDM kepada media di ruang kerjanya.
Mekanisme fit and propertest atau interview yang akan dilakukan tidak jauh berbeda dengan seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada. “Kami akan menggilir calon PPK secara acak sesuai lokasi kerjanya. Mudah-mudahan semua bisa hadir dan tidak ada yang mengundurkan diri,” harap Iwan.
Setelah interview malam ini, masih kata Iwan, Selasa (13/02/18) KPU Kota Kotamobagu akan mengumumkan tiga orang yang berhak menjadi PPK Pemilu 2019.
“Sama seperti seleksi tertulis, kami akan fair dalam menilai mereka. Siapa yang bagus tentunya mereka yang berhak.”
Ketika ditanya soal banyaknya calon PPK yang masih tercatat sebagai PPK Pilkada, Iwan tak menampik. Menurut dia itu hak siapa saja untuk menjadi PPK, KPU Kota Kotamobagu tak bisa menghalang-halangi, asalkan memenuhi syarat-syarat yang berlaku.
“Kalau nantinya mereka ada yang terpilih sudah pasti jabatan di PPK Pilkada harus dilepas, tidak bisa merangkap. Karena pembiayaannya berbeda, kalau Pilkada dari dana Hibah APBD Kota Kotamobagu, sementara PPK Pemilu dari dana APBN.”
Bila itu yang terjadi, maka KPU Kota Kotamobagu akan menyiapkan pergantian antar waktu bagi PPK Pilkada yang kosong. “Tentunya mereka yang berada di urutan selanjutnya berhak mengisi posisi kosong PPK Pilkada yang ditinggalkan,” pungkas Iwan. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …