Home / Berita / Makna Bogani di Maskot Pilwako 2018

Makna Bogani di Maskot Pilwako 2018

KOTAMOBAGU – Mengulang pemilihan walikota dan wakil walikota (pilwako) tahun 2013, maskot pilwako 2018 tak berubah, tetap Bogani.
Dipilihnya Bogani sebagai maskot Pilkada Serentak Tahun 2018, sebagaimana diungkapkan Nayodo Koerniawan, Ketua KPU Kota Kotamobagu saat Peresmian Tahapan dan Sosialisasi Pilwako yang dihadiri Ketua KPU RI, Arif Budiman, Sabtu (16/09/17), banyak factor dan sudah melalui kajian mendalam.
Menurut Nayodo Bogani adalah sosok panutan yang jujur dan tidak pernah berdusta. “Karena itu KPU Kota Kotamobagu memilih Bogani jadi mascot agar dalam pelaksanaan pesta demokrasi tidak ada yang tidak jujur dan berdusta. Semua harus transparan, jujur dan adil.”
Bogani, masih kata Nayodo, adalah pemimpin sekaligus pasukan perang yang amanah, yang dalam sejarahnya mampu mengayomi seluruh masyarakat yang dipimpinnya. “Mudah-mudahan Pilwako 2018 mendatang beroleh pemimpin seperti Bogani, dipercaya dan amanah bagi rakyatnya.”
Nayodo benar. Budayawan Bolaang Mongondow, Chairun Mokoginta, sebagaimana dipaparkan Kristato Galuwo, wartawan lokal dalam https://radarbolmongonline.com/2014/11/patung-bogani-yang-terlupakan/ mengatakan bahwa ada begitu banyak bogani, diantaranya ada Bogani Inde Indou, Inde Dikit, Dugian, Paloko, Ponamboian, Dondo, Pongayow, Lingkit, dan Mogedag. Yang kesemuanya memiliki kepribadian yang baik.
“Yang perlu diketahui, ada dua sebutan untuk Bogani bagi laki-laki dan Bogani untuk perempuan. Dari bahasa ‘purba’ Mongondow, diartikan Bogani adalah manusia yang bisa menghilang. Artinya Bogani itu manusia yang bisa menghilang. mereka pun dipilih karena sifat dan sikap mokodotol atau patriotisme yang dimilikinya,” kaya Chairun. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …