Lusa, Penetapan PPK KK Terpilih

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan tahapan tes wawancara bagi 10 calon PPK di empat kecamatan se-Kota Kotamobagu, tuntas Rabu (06/05/15) malam ini.

“Berarti tahapan selanjutnya adalah perengkingan sekaligus pengumuman siapa yang berhak menduduki posisi lima besar dan dinyatakan sebagai Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) KK terpilih untuk Pilgub Sulawesi Utara Tahun 2015,” kata Aditya Tegela, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi hukum, teknis penyelenggara dan pengawasan.

Sesuai jadwal yang sudah diedarkan oleh KPU Provinsi Sulawesi Utara, lanjut Aditya, pengumuman akan dilakukan pada Jumat (08/05/15) lusa. “Inshaa Allah jika tidak halangan apa-apa kami akan melakukan pleno pada Kamis malam. Dan, sesuai jadwal, pelantikan PPK Kotamobagu akan dilaksanakan pada Sabtu (09/05/15).”

Selama pelaksanaan tes wawancara, masih kata Aditya, seluruh peserta mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh lima komisioner KPU Kotamobagu. “Hanya beberapa orang saja yang nampaknya gugup sampai-sampai tidak tahu harus bicara apa.”

Pantauan media ini, memang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh lima Komisioner KPU Kotamobagu sebenarnya lebih banyak diarahkan pada kasus-kasus penyelenggaraan Pemilu 2014 lalu. “Kami tidak bermaksud mendikte, apalagi sampai menyalah-nyalahkan mereka (calon PPK KK, red). Tujuan kami meng-interview mereka semata untuk menyegarkan kembali ingatan kita semua, termasuk kami para komisioner, tentang pemilu dan hal-hal yang terkait dengan itu, seperti data pemilih dan pelaksanaan pada hari pencoblosan,” pungkas Iwan Manoppo, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi sosialisasi, pendidikan pemilih dan SDM penyelenggara.

Dari informasi yang diperoleh media ini, ternyata ada dua peserta, yakni Fachny Mustafa (Kotamobagu Barat) dan Husni Moko (Kotamobagu Selatan) berhalangan hadir dan tidak bisa melanjutkan tes wawancara. Karenanya yang bersangkutan langsung dinyatakan mengundurkan diri. (**)

Leave a Reply