Home / Berita / Rabu, Batas LPSDK Parpol

Rabu, Batas LPSDK Parpol

KOTAMOBAGU – KPU Kota Kotamobagu mengingatkan bahwa batas akhir pelaporan penerimaan sumbangan dana kampanye tinggal dua hari lagi, yakni hari Rabu tanggal 2 Januari 2019.
“Bila ada peserta pemilu tak juga memasukkan laporan hingga batas waktu tersebut, maka yang bersangkutan bisa didiskualifikasi dari kepesertaan Pemilu 2019,” tegas Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi Teknis Penyelenggara, di kantornya, Senin (31/12/18).
Kata Asep, pernyataanya tersebut didasari pada UU Nomor 07 tahun 2017 tentang Pemilu.
“Bahkan dalam PKPU Nomor 32 Tahun 2018 serta PKPU Nomor 05 Tahun 2017 tentang Dana Kampanye Peserta Pemilu telah diatur bahwa semua peserta baik parpol, caleg, calon DPD, maupun capres-cawapres wajib menyerahkan laporan penerimaan sumbangan dana kampanyenya (LPSDK).”
Untuk lingkup Kota Kotamobagu, Asep mengingatkan bahwa KPU Kota Kotamobagu me-warning agar pengurus parpol dan tim kampanyenya untuk segera melaporkan dana kampanye (LPSDK) hingga 2 Januari 2019.
“Pelaporan sumbangan dana kampanye ini penting, sebagai upaya transparansi peserta pemilu.”
Hal yang perlu diperhatikan, tanggal 2 Januari 2019 yang menjadi batasan pemasukan laporan tersebut masih dalam suasana tahun baru. “Jangan sampai itu menjadi alasan peserta pemilu untuk tidak melaporkan dana kampanyenya,” kata komisioner KPU Kota Kotamobagu dua periode ini.
Asep berharap masyarakat juga perlu aktif ikut mengawasi dan mencermati isu ini.
“Jangan sampai batas waktu tanggal 2 Januari 2019 dijadikan alasan masih dalam suasana libur tahun baru 2019, sehingga tidak sempat melaporkan LPSDK ke KPU Kota Kotamobagu.” (***)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …