Logistik Rusak, Ogah Teken BA

KOTAMOBAGU – Logistik yang sudah disalurkan berupa kotak dan bilik suara ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga kemarin belum diperiksa ulang.

Namun demikian, saat tiba di KPU Kotamobagu, sebagian logistik yang basah dan terpaksa dijemur. “Karena itu kami tidak mau ambil resiko dan tidak mau menandatangani dulu berita acara (BA) penerimaan logistik pemilu,” tegas Sekretaris KPU Kotamobagu, Agung Adati di ruang kerjanya, Kami (26/12) kemarin.

Menurut Agung pihaknya masih akan mengkalkulasi kembali jangan sampai ada sebagian bilik atau kotak suara yang rusak. “Pasalnya bilik dan kotak suara pada Pemilu 2014 kali ini terbuat dari kardus, bukan lagi aluminium sebagaimana pemilu-pemilu sebelumnya.”

Masih kata Agung, keberadaan logistik pemilu kali ini hanya melengkapi kekurangan. “Dalam artian bahwa bilik dan kotak suara yang lama tetap akan dipergunakan. Jumlahnya hamper setengah,” ujar Agung kepada koran ini.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Yessy Momongan, yang dihubungi terpisah mengatakan pihaknya akan memanggil pihak ketiga yang mengelola pembuatan bilik dan kotak suara. “Saya sendiri baru mendapat kabr ini dari beberapa daerah, karena selama ini belum ada pemberitahuan, termasuk distribusi logistik ke daerah-daerah di Sulut.”

Yessy menambahkan bahwa pembuatan logistik tersebut dikelola oleh KPU Sulut, bukan KPU Pusat sebagaimana diberitakan media ini beberapa hari sebelumnya. “Saya akan memanggil staf KPU yang mengelola ini bersama pihak ketiga yang dipercaya mencetaknya.” (**)