Home / Berita / Logistik Pemilu Tiba

Logistik Pemilu Tiba

KOTAMOBAGU – Logistik Pemilu 2019 berupa kotak suara sebanyak 1.664 buah sudah tiba di Kantor KPU Kota Kotamobagu, Jumat (09/11/18) dini hari.
Menurut Sekretaris KPU Kota Kotamobagu, Frans TA Manoppo, kotak suara pada Pemilu 2019 kali berbeda dengan sebelumnya. Kota suara kali initerlihat transparan. Bahannya dibuat dari kertas karton dupleks 250 gram.
“Kotak suara Pemilu 2019 didominasi warna putih, serta terdapat tulisan ‘KPU’ berwarna hitam di sisi kanan dan kirinya.”
Di bagian depan kotak, lanjut Frans, dilengkapi keterangan nomor kotak, nomor TPS, nama PPS, Nama PPK, Kab/Kota, serta Provinsi. Terdapat pula jendela yang berfungsi untuk melihat kondisi di dalam kotak yang berukuran 40 centimeter x 40 centimeter x 60 centimeter.
“Kotak ini sudah pernah dicoba diduduki oleh Komisioner KPU RI, Ilham Saputra. Ternyata, kotak yang dicat dengan bahan tahan air tersebut mampu menahan bobot mencapai 100 kilogram.”
Dilihat dari modelnya, kotak dilengkapi lubang kecil di kedua sisi berfungsi untuk mempermudah pengangkatan. Kotak surat yang digunakan Pemilu 2019 ini juga dibuat mengikuti geografis di Indonesia yang beragam.
“Selain kotak yang baru tiba, logistik lain berupa bilik suara sebanyak 1000 buah juga sudah tiba terlebih dahulu di KPU Kota Kotamobagu pada akhir Oktober 2018 lalu. Jumlahnya memang lebih sedikit dari kotak suara, karena memang setiap TPS akan menggunakan lima buah kotak suara,” pungkas Frans. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …