Logistik Mulai Dievaluasi

KOTAMOBAGU – Semakin dekatnya pelaksanaan pemilihan umum, mengharuskan komisi pemilihan umum (KPU) fokus dalam pengelolaan logistik.

Bahkan sejak Selasa (18/04/14) KPU Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sudah menggelar acara evaluasi dan perencanaan pengelolaan logistik di Manado dengan mengundang komisioner kabupaten/kota yang bertanggungjawab dengan persoalan logistik.

Menurut Nova Tamon, komisioner KPU Kotamobagu yang kemarin didampingi Sekretaris KPU Agung Adati mengatakan inti dari pertemuan tersebut adalah kesiapan KPU. “Karena biar bagaimanapun bagusnya kegiatan yang dilakukan KPU kalau persoalan logistik tidak beres, maka akan rusak semuanya. Ini yang benar-benar menjadi penekanan Vivi George, komisioner KPU Sulut yang membidangi logistik.”

Sebagaimana diketahui, KPU RI sudah meluncurkan sebuah Sistem Informasi Logistik (Silog) untuk mengelola logistik Pemilu 2014 agar lebih efektif dan efisien. Silog tersebut untuk meningkatkan motivasi. “KPU Sulut menekankan soal fokus bagaimana meningkatkan kualitas pengelolaan logistik pemilu dari perencanaan, pengawasan, dan evaluasi. Langkah itu untuk memastikan antara lain ketepatan mutu, jumlah, sasaran, dan tempat tujuan,” kata Nova.

Nah, melalui silog diharapkan secara internal KPU mengetahui proses dari awal hingga akhir dan disediakan info untuk publik mengenai rincian prosesnya. “Melalui keterbukaan yang disajikan itu maka mempermudah proses pengawasannya sehingga mutu Pemilu 2014 lebih baik dari penyelenggaraan Pemilu 2009.” (**)

Leave a Reply