Home / Berita / Linmas Pertanyakan Honor

Linmas Pertanyakan Honor

KOTAMOBAGU – Perlindungan Masyarakat (Linmas) menjadi garda terdepan tertib dan lancarnya pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2015.

Penegasan tersebut disampaikan Kepala Badan Kesbang Pol Kotamobagu, Gunawan Damopolii, saat membuka acara Sosialisi Pengamanan Pilkada oleh Linmas di Green Hotel Kotamobagu, Kamis (03/12/15).
Menurut Gunawan yang didapuk mewakili Walikota Kotamobagu tersebut, lancar dan tidaknya pelaksanaan pilkada di daerah ini, khususnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS), tergantung Linmas.

“Linmas harus tegas dan tahu apa yang menjadi tugasnya, terutama mengamankan TPS saat pemungutan suara. Bila ada pihak-pihak yang mengganggu jalannya pemungutan suara silakan diamankan,” tegas Gunawan.

Hadir sebagai pemateri dalam sosialisasi tersebut yang mewakil Kapolres dan Komandan KODIM serta KPU Kotamobagu. Kedua aparat keamanan lebih banyak menyoroti soal perlunya keamanan dan ketertiban di daerah dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2015. “Ini pilkada serentak secara nasional, karenanya harus dijaga keamanannya bersama-sama,” kata Mayor A. Maramis mewakili KODIM.

Sedangkan KPU Kotamobagu yang mengutus Asep Sabar, komisioner yang membidangi data informasi dan humas, lebih menjelaskan soal tugas linmas di TPS. “Hanya saja linmas tidak bisa merangkap tugas menjadi KPPS. Linmas hanya menjaga keamanan dan ketertiban dari kemungkinan buruk.”

Masih kata Asep, Linmas juga diharapkan mengawal kotak suara dari dan ke TPS. “Ini penting, karena bisa saja ada pihak-pihak yang berusaha menggagalkan hasil pemungutan suara dengan mencuri kotak suara. Kalau ini yang terjadi maka citra daerah ini akan buruk di mata nasional,” pungkas Asep.

Yang menarik saat sessi Tanya jawab, salah seorang peserta mempertanyakan honor mereka saat pengamanan TPS tanggal 9 Desember mendatang. Mengingat dari pengalaman selama ini pengamanan TPS saat pilkada pasti ada honornya.

Asep menjelaskan bahwa Pilkada Serentak Tahun 2015 ini KPU Kotamobagu hanya sebagai pelaksana dan bukan penyelenggara, beda dengan pilwako.

“Karena itu semua urusan tergantung dari provinsi, termasuk penganggaran di setiap kegiatannya. Memang benar Peraturan KPU menegaskan soal Linmas sebanyak dua orang dalam rangka pengamanan di TPS, diluar KPPS.”

Nah, karena situasinya seperti itu, KPU Kotamobagu sudah berkoordinasi dengan Badan Kesbang Pol Kotamobagu terkait dengan rekrutmen Linmas pada pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2015. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply