Lagi, Pemkot Tertibkan APK

KOTAMOBAGU – Tidak seriusnya penertiban alat peraga kampanye (APK) mendapat sorotan banyak pihak.
Lantaran itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Kesbang Pol dan Politisi Satuan Pamong Praja (Pol PP) Rabu (06/11) kemarin menggelar rapat koordinasi membahas lanjutan penertiban APK yang sempat terhenti.
Menurut Ketua KPU Nayodo Koerniawan, waktu yang sudah diberikan diberikan kepada pemilik APK, baik itu partai maupun calon legislatif (Caleg), sudah cukup. “Anggap saja kita sudah memberikan waktu yang panjang kepada mereka untuk menertibkan sendiri APK-APK yang sudah terlanjur dipasang di beberapa lokasi,” kata Nayodo.
Ketua Panwas Kotamobagu, Agus Paputungan yang kemarin hadir bersama dua personil lainnya, Ivan Tandayu serta Shakespeare Makalunsenge menambahkan, sebaiknya para caleg beserta partainya berinisiatif sendiri untuk menertibkan alat peraga kampanye yang melanggar aturan. “Untuk penertiban APK ini semuanya merupakan tanggungjawab pemkot, kami bersama KPU hanya merekomendasikan,” tegas Agus.
Sebagaimana diketahui, tambah Ketua Divisi Teknis Penyelenggara, Hukum dan Pengawasan, Aditya Tegela, KPU RI sudah bekerjasama dengan Kemendagri untuk menertibkan APK yang melanggar aturan. Dimana untuk kewenangan penertiban diserahkan ke Pemda. “Kami mengharapkan kepada semua pihak untuk memahami aturan yang ada demi tertibnya kampanye dan pemilu,” pungkas Aditya. (dh/kk)

Leave a Reply