Lagi, KPU Goes to School

KOTAMOBAGU – Untuk kesekian kalinya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu menggelar sosialisasi pemilihan umum (pemilu) ke sekolah.

Menurut Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Pemula, dan Pengembangan SDM KPU Kotamobagu, Iwan Manoppo, kegiatan ini sudah yang ketiga kalinya dilakukan, dua terakhir digelar tahun 2013 lalu. “Rencananya besok akan dilakukan di SMA Negeri 1 Kotamobagu. Sasarannya adalah untuk menambah wawasan dan pola pikir para siswa, terutama mereka yang baru tahun ini memiliki hak politik dalam pemilu,” kata Iwan di ruang kerjanya, Jumat (24/01/14).

Lebih lanjut Iwan mengatakan bahwa sebagai warga negara yang baik, kita harus memberikan aspirasi dan pilihan politik dalam pemilu. “Ini penting mengingat demokrasi hanya bisa dilaksanakan kalau rakyat sendiri yang menyampaikan aspirasi. Karena demokrasi itu dari, oleh dan untuk rakyat. Tanpa itu, mustahil demokrasi bisa berjalan dengan baik,” jelas Iwan.

Terkait sosialisasi, Masih kata Iwan, KPU Kotamobagu juga sudah membentuk relawan demokrasi dengan tugas melakukan sosialisasi di kelompoknya masing-masing, diantaranya pemilih pemula atau komunitas agama. “Kita harus berpacu dengan waktu dan pengalaman tingkat partisipasi politik masyarakat di pemilu 2009 yang melorot harus diperbaiki. Kita harus mencapai tingkat partisipasi politik 80 persen, minimal untuk wilayah Kota Kotamobagu,” pungkas pengajar di UDK Kotamobagu ini. (**)