Kunjungan ke Tanah Toar Lumimuut

-kpukotamobagu.web.id- Komisi Pemilihan Umum Kota Kotamobagu mengadakan kunjungan ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa di Tondano selama 2 hari pada Tanggal 28-29 Agustus 2012. Kunjungan ini dalam rangka konsultasi mengenai pembentukan Panitia Pengawas Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Kabupaten Minahasa mengingat KPU Kotamobagu akan segera melaksanakan Pemilukada Walikota dan Wakil Walikota tahun depan.

KPU Minahasa menjadi tujuan konsultasi dikarenakan saat ini mereka sudah memasuki tahapan Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati dan akan melaksanakan pemungutan suara pada tahun ini juga, tepatnya pada Tanggal 12 Desember 2012. Dengan demikian KPU Kotamobagu memandang daerah yang akrab dikenal Tanah Toar Lumimuut ini sudah dibentuk Panitia Pengawas Pemilukada (Panwaslu).

Dalam kunjungan tersebut didapati beberapa poin penting dalam hal pembentukan Panitia Pengawas Pemilukada, antara lain pembentukan Panitia Pengawas Pemilukada bukan lagi menjadi tugas dan kewenangan KPU Kabupaten/Kota serta Pemerintah Daerah, akan tetapi kewenangan tersebut merupakan hak penuh dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Adapun hal lain yang dikonsultasikan adalah menyangkut tahapan, program, dan jadwal pelaksanaan Pemilukada dimana tahapan, program, dan jadwal yang telah disusun oleh Komisi Pemilihan Umum Minahasa akan dijadikan bahan perbandingan ketika Komisi Pemilihan Umum Kota Kotamobagu akan menyusun tahapan, program, dan jadwal pelaksanaan Pemilukada Walikota dan Wakil Walikota Kota Kotamobagu 2013.

Leave a Reply