KTP dan KK Boleh Nyoblos

KOTAMOBAGU– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu mengizinkan warga yang masuk wajib pilih untuk menyalurkan hak pilihnya pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu (Pilwako) 24 Juni 2013 ini.
Ketua KPU Nayodo Koerniawan, mengatakan meski warga itu tidak terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) dan tidak mendapat surat undangan untuk memilih, bisa mencoblos pada hari ‘H’ nanti, tapi dengan syarat harus menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK). “Tapi mereka itu harus warga yang terdaftar sebagai penduduk Kota Kotamobagu,” tegas Nayodo dijumpai di kantor KPU KK, Jumat (21/6).

“Para warga yang tidak tertampung dalam DPT atau DPT tambahan atau DPS, DPTB, ingin menggunakan hak pilihnya, maka perlu menunjukkan KTP dan kartu keluarga yang masih berlaku. Penggunaan hak pilih tersebut hanya diperkenankan pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) dimana yang bersangkutan berdomisili sesuai alamat yang tertera pada dokumen identitas yang dia miliki. Dan yang bersangkutan baru bisa menggunakan hak pilihnya sesudah mereka yang masuk dalam DPT mencoblos terlebih dahulu,” jelas Nayodo.

Nayodo menambahkan, Kelompok Pemungutan dan Penghitungan Suara (KPPS) diwajibkan memeriksa secara seksama identitas pengguna KTP dan KK. “Pengguna KTP dan KK harus diberi tanda khusus pada jari-jari tangan pemilih sebelum yang bersangkutan menggunakan hak pilih,” terangnya.

Kaitan dengan masih banyaknya wajib pilih yang belum mendapatkan surat undangan dari KPPS, Nayodo mengatakan itu juga tidak bisa disalahkan langsung kepada petugas KPPS. “Kan masih ada beberapa hari ini sampai dengan Minggu 23 Juni. Saya sendiri saja hingga saat ini belum mendapatkan surat undangan. Mungkin saja belum sempat diberikan oleh petugas,” katanya.

Meski demikian Nayodo juga berharap agar warga wajib pilih untuk pro aktif menanyakan kepada petugas KPPS perihal surat undangan itu. “Temui KPPS dan tanyakan kenapa belum dapat surat undangan. Itu hak warga wajib pilih kepada petugas KPPS. Kita jangan hanya bisa menyalahkan, tapi juga harus pro aktif dan ada inisiatif,” tandas Nayodo.

Pilwako Kota Kotamobagu akan dilangsungkan pada Senin 24 Juni 2013. KPU setempat menetapkan jumlah pemilih sebanyak 86.904 orang dan jumlah TPS sebanyak 240 di seluruh wilayah Kota Kotamobagu.

Pilkada tersebut diikuti empat pasangan calon yakni, nomor urut 1 (aatu) Tatong Bara-Jainuddin Damopolii, nomor urut 2 (dua) Nurdin Makalalag-Sahat Robert Siagiaan, nomor urut 3 (tiga) Djelantik Mokodompit-Rustam Simbala dan nomor urut 4 (empat) Muhammad Salim Landjar-Ishak Sugeha.(*)

Leave a Reply