Home / Berita / KPU Warning PPS dan PPK

KPU Warning PPS dan PPK

KOTAMOBAGU – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, meminta kepada panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk fokus dan tidak main-main dalam menjalankan tugasnya.

“Sebagai ujung tombak penyelenggara pemilu, PPS dan PPK tidak bisa main-main dengan aturan, apalagi kalau sampai melakukan deal-deal politik dengan peserta pemilu, ini bisa berbahaya,” tegas Nayodo.

Tak hanya itu, bahkan KPU mengancam akan mengganti PPS dan PPK yang kedapatan bermain politik atau menjadi tim sukses caleg maupun partai politik. “Kami diberikan kewenangan penuh untuk mengevaluasi PPS dan PPK. Apalagi kalau sampai ada rekomendasi dan masukan dari masyarakat, KPU akan secepatnya mengevaluasi atau memanggil yang bersangkutan untuk dimintai keterangan,” jelas Nayodo didampingi empat komisioner KPU Kotamobagu, Iwan Manoppo, Nova Tamon, Asep Sabar dan Aditya Tegela di ruang kerjanya belum lama ini.

Di hadapan PPS dan PPK Nayodo mengungkapkan bahwa persoalan evaluasi kinerja, tak hanya dilakukan terhadap PPS dan PPK, tapi juga komisioner KPU. “Kami juga selalu dipantau dan dievaluasi oleh KPU diatas (KPU Provinsi dan KPU RI, red). Dan alhamdulillah KPU Kotamobagu selalu mendapat predikat terbaik dan menjadi contoh bagi KPU yang lain, khususnya di Sulawesi Utara.”

Tidak seperti KPU Kotamobagu sebelumnya, masih kata Nayodo, pembagian kerja di KPU Kotamobagu kini sudah terbagi dalam divisi-divisi dan tidak lagi terfokus pada ketua. “Para Ketua Divisi-lah yang memiliki program dan rencana kerja, saya sebagai ketua hanya menerima perintah dari divisi yang kemudian melaporkan dan menyampaikan progress-nya ke KPU Provinsi serta KPU Pusat. Inilah yang namanya kerja-kerja kolektif. Dan semuanya sudah berjalan dengan baik memasuki 100 hari kinerja KPU Kotamobagu sejak dilantik 12 Oktober 2013 silam.”

Empat komisioner KPU Kotamobagu yang dimintai komentarnya mengatakan bahwa apa yang disampaikan Nayodo merupakan bagian dari tekad dan semangat KPU Kotamobagu yang bari dalam rangka mensukseskan serta menyelenggarakan Pemilu 2014 agar berjalan dengan baik serta menjadikan kualitas pemilu lebih baik dari sebelumnya.

“Namun demikian kami tetap berharap kepada PPS dan PPK dapat menjalan tugasnya dengan baik. Karena tanpa PPS dan PPK maka harapan pemilu berkualitas akan jauh dari harapan,” ujar Iwan Manoppo diiyakan Nova, Asep dan Aditya. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …