KPU Verifikasi Berkas Caleg

KOTAMOBAGU – 12 partai politik (Parpol) resmi memasukkan nama-nama calon anggota legislatif (Caleg) yang akan bertarung di Pemilu 2014. Kini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu tengah memverifikasi kelengkapan berkas seluruh caleg yang diusulkan parpol.

“Verifikasi kelengkapan administrasi daftar calon anggota legislatif ini sampai dengan 6 mei 2013. Kemudian kami akan menyampaikan hasil verifikasi tersebut kepada parpol peserta pemilu. Sesuai jadwal, itu dilakukan pada 7-8 Mei 2013,” ujar komisioner KPU Kotamobagu Meyti Mokoginta.

Adapun berkas yang belum dipenuhi kata Meyti, KPU akan memberikan waktu perbaikan kepada parpol. Setelah itu, hasil perbaikan masih akan diverifikasi lagi, untuk melihat apakah persyaratan yang dimasukkan benar-benar sudah lengkap. “Waktu perbaikan kelengkapan administrasi itu cukuplah. Yakni mulai 9 sampai 22 Mei 2013, sebelum penetapan daftar calon sementara (DCS),” terang Meyti.

Seperti diketahui, sebanyak 275 caleg yang berasal dari 12 Parpol peserta Pemilu akan memperebutkan 25 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotamobagu. Di Kota Kotamobagu terdapat tiga daerah pemilihan (Dapil). Dapil satu meliputi Kecamatan Kotamobagu Utara dan Timur, Dapil dua Kecamatan Kotamobagu Selatan dan Dapil tiga Kecamatan Kotamobagu Barat. Tidak semua parpol mengusung 100 persen calegnya di tiap-tiap Dapil. (*)

Leave a Reply