KPU, Tim Sukses dan Satlantas Bahas Mekanisme Pendaftaran

KOTAMOBAGU— Dipastikan enam pasangan calon yang akan bertarung di Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwako) Kotamobagu, 24 Juni mendatang. Menyusul, enam tim sukses menghadiri undangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu, Sabtu (9/3), akhir pekan kemarin.

Pertemuan tersebut membahas tahapan pendaftaran yang sudah dibuka sejak Minggu (10/3) kemarin dan akan ditutup pada Sabtu (16/3) nanti. Mulai dari penentuan hari pendaftaran bagi masing-masing pasangan, kesiapan pasangan, jumlah massa yang mendampingi dan ketentuan lainnya terkait ketertiban, keamanan dan kenyamanan.

Pentingnya tahapan pendaftaran, komisoner KPU turut mengundang Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Bolmong AKP Leo Defretes, anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Shakespiare Makalunsenge. “Ini sangat penting. Pendaftaran tidak sekadar pemenuhan persyaratan administrasi di KPU. Tapi juga menyangkut ketertiban, keamanan dan kenyamanan masyarakat. Disini juga rawan terjadinya pelanggaran,” kata Ketua KPU Nayodo Koerniawan.

Pembahasan semakin alot ketika para tim sukses tidak menyetujui tawaran yang diajukan KPU, yakni setiap hari satu pasangan calon. Tim sukses lebih memilih tiga hari terakhir, dimulai Kamis (14/3) hingga Sabtu (16/3). Itupun, ada tiga tim sukses yang menginginkan di hari yang sama, yakni Sabtu. KPU akhirnya mencari solusi dengan pencabutan nomor. “Jadi, karena sepakat tiga hari terakhir, maka akan dibagi pagi dan sore hari. Karena ada juga keinginan yang pada Sabtu, maka jalan keluarnya cabut nomor biar adil,” usul Nayodo, yang langsung disepakati semua tim sukses.

Diketahui, pasangan Tatong Bara-Jainudin Damopolii yang diusung PAN merupakan pendaftar pertama pada Kamis (14/3) pagi. Sedang pendaftar terakhir pasangan AR Mokoginta yang diusung Partai Politik (Parpol) non kursi pada Sabtu (16/3) sore (selengkapnya lihat grafis, red).

Selain kesepakatan hari pendaftaran, juga disepakati hanya 25 orang yang akan masuk ke ruang pendaftaran di media center bersama pasangan calon. Dilarang pula melakukan road show, mulai saat mendaftar maupun setelah pendaftaran. “Memang tidak pembatasan massa yang akan mengantar, tapi sudah ditegaskan tidak ada road show. Karena itu, kami meminta tempat start pasangan calon dan akan diarahkan jalurnya ke KPU untuk mendaftar. Demikian pula setelah mendaftar. Jadi tidak ada yang keliling kota,” kata AKP Leo Defretes.(*)

Jadwal Pendaftaran:

Tanggal

Pasangan

Partai Pengusung

Titik Start

14 Maret, 08.00 WITA

Tatong Bara – Jainudin Damopolii

PAN

Matali

14 Maret, 14.00 WITA

Ishak Sugeha – ???

Demokrat dan Barnas

Biga

15 Maret, 08.00 WITA

Nurdin Makalalag – ???

PBB, PDP, PPRN

???

15 Maret, 14.00 WITA

Djelantik Mokodompit – Rustan Simbala

Partai Golkar, PDIP

???

16 Maret, 08.00 WITA

Muhammad Salim Landjar – ???

PKB, PKS, PPP

Motoboi Besar

16 Maret, 14.00 WITA

AR Mokoginta – ???

Pargab non kursi

Pobundayan

Leave a Reply