Home / Berita / KPU Tetapkan Jadwal Kampanye

KPU Tetapkan Jadwal Kampanye

KOTAMOBAGU– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu bersama tim pemenangan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota sepakat mengenai teknis dan jadwal kampanye.

Sesuai tahapan Pilwako Kotamobagu, pelaksanaan kampanye dimulai tanggal 7 hingga 20 Juni 2013. Hasil rapat bersama yang dihadiri tim pemenangan pasangan calon, Ketua Panwaslu Kotamobagu Agus I. Paputungan SE ME, Kasat Intelkam Polres Bolmong AKP Teddy Pontoh SH, Kakan Kesbangpol Pemkot Kotamobagu Herman Aray, Senin (20/5), disepakati satu hari satu pasangan calon melakukan kampanye terbuka dan tertutup, disesuaikan dengan nomor urut masing-masing pasangan. Dimana setiap pasangan calon mendapat giliran kampanye sebanyak 3 hari yang diatur jadwal.

Menariknya, lokasi atau tempat kampanye bebas ditentukan sendiri oleh pasangan calon atau tim. “Kami menawarkan 3 opsi jadwal kampanye. Dan semua tim menyepakati opsi, satu hari satu pasangan calon,” ujar Nayodo usai rapat bersama di sekretariat Media Center KPU Kotamobagu.

Contohnya, sambung Nayodo, giliran pertama melakukan kampanye adalah pasangan nomor urut satu (TB-JaDi). Dalam satu hari itu, pasangan ini bebas menentukan lokasi kampanyenya. Untuk kampanye terbuka, hanya diberi waktu sampai dengan pukul 16.30 wita. Sementara malam harinya atau kampanye tertutup, hanya diberi waktu sampai dengan pukul 22.00 wita. Demikian juga diberlakukan bagi pasangan calon lainnya sesuai jadwal kampanye.

“Kalau kampanye tertutup ini, dilarang dilakukan ditempat terbuka seperti lapangan. Untuk arak-arakan kendaraan sesuai kesepakatan dibatasi hanya 10 kendaraan saja. Sementara untuk jumlah massa yang akan ikut dalam kampanye dialogis atau tertutup berjumlah 250 orang, itupun harus dilakukan di ruangan tertutup,” jelas Nayodo.

Menurutnya, penerapan jadwal kampanye ini bertujuan untuk menghindari terjadinya gesekan antar pendukung pasangan calon. “Setelah rapat ini, masih akan dilakukan satu kali pertemuan lagi. Ini untuk finalisasi hasil dari rapat pertama ini. Dalam rapat itu juga sekaligus penetapan DP4 (Data Penduduk Pemilih Potensial Pemilu), serta pelaksanaan deklarasi pilwako damai,” terang Nayodo.(*)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply