Home / Berita / KPU Tetapkan DPT 90.892 Pemilih

KPU Tetapkan DPT 90.892 Pemilih

KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu akhirnya menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2014 sebanyak 90.892 pemilih.

“Jumlah itu sudah termasuk dengan daftar pemilih khusus (DPK) sebesar 234 pemilih,” kata Nayodo Koerniawan, Ketua KPU Kotamobagu yang memimpin rakor bersama Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Disdukcapil, Kesbang Pol, panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Media Center KPU Kotamobagu, Selasa (18/03/14).

Penetapan ini juga, lanjut Nayodo merupakan yang kesekian kalinya sejak Oktober lalu. “Angka itu juga sudah termasuk pemilih di rumah tahanan (Rutan) Kotamobagu sebanyak 205 pemilih. Sehingga nantinya mereka akan melakukan pencoblosan di TPS khusus di dalam rutan. Ini untuk menjaga jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” jelas Nayodo.

Terkait dengan TPS khusus di Rutan, masih kaya Nayodo, sebenarnya tidak semudah yang dibayangkan. “Pada awalnya kami, KPU, Panwas dan Pemda serta pihak Rutan mengusulkan soal TPS yang berada di Kelurahan Kotamobagu digeser berdekatan dengan lokasi Rutan agar para penghuni bisa memilih. Tapi ternyata pihak Rutan tidak berani mengambil resiko karena bisa saja penghuni Rutan melarikan diri atau melakukan hal-hal yang tidak diinginkan, mengingat banyak kasus marak terakhir terkait pembakaran Rutan.”

Nah, pertimbangan itulah kemudian dikonsultasikan secara berjenjang oleh semua pihak, termasuk KPU, Panwaslu ke tingkatan yang diatas plus ke Kementerian Hukum dan HAM.

“Hasilnya maka dibuatlah TPS Khusus, karena pihak Kemenkum HAM juga tidak berani mengambil resiko. Dari situ kami langsung berkoordinasi dengan KPU se-Bolmong Raya, mengingat penghuni Rutan Kotamobagu terbanyak dari luar Kotamobagu. Diputuskan semua penghuni Rutan yang terdaftar di DPT asal untuk segera dihapus dan dimasukkan ke DPT Kotamobagu,” papar Nayodo.

Pada kesempatan itu, Ivan Tandayu yang mewakili Panwaslu Kotamobagu membenarkan apa yang sudah disampaikan Nayodo terkait TPS Khusus. “Awalnya kami juga sangat meragukan. Karena itu kami berkonsultasi secara berjenjang hingga ke pusat. Ini demi menghindar jangan sampai jadi sengketa pasca pemilu nanti,” ujar Ivan. (**)

 

Tabel
Pleno DPT Kota Kotamobagu

PLENO                       PEMILIH        KETERANGAN
11 Oktober 2013       91.668              —
01 November 2013  91.141               —
18 Januari 2014       90.453             —
18 Februari 2014     90.658             Termasuk Rutan (205)
18 Maret 2014          90.892             Termasuk DPK (234)
Sumber: KPU Kotamobagu

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply