Home / Berita / KPU Tetapkan DCT Kotamobagu

KPU Tetapkan DCT Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pergantian hari dari Rabu (19/09/18) ke Kamis (20/09/18) dini hari tadi menjadi tonggak sejarah tersendiri bagi KPU Kota Kotamobagu dan masa depan perpolitikan di daerah ini.
Pasalnya dipergantian waktu tersebut, KPU Kota Kotamobagu menggelar Pleno Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) DPRD Kota Kotamobagu Periode 2019-2024. “Kami menggelar pleno dini hari sekira pukul 01.00 wita, untuk memberikan semangat kepada para calon wakil rakyat bahwa kerja-kerja demokrasi dan membangun kesejahteraan rakyat itu harus sepenuh waktu, serta tidak mengenal waktu, kapan saja dan dimana saja,” tegas Nova Tamon, Ketua KPU Kota Kotamobagu, saat dihubungi pagi ini.
Menurut Nova, sampai dengan batas akhir pemasukkan Surat Keputusan (SK) Pengunduran Diri, Kamis (19/09/18) sore kemarin, dari total 19 orang bakal caleg yang berstatus pegawai BUMN-BUMD, ASN dan pekerja yang gajinya bersumber dari APBN-APBD yang memasukkan SK Pemberhentian ke KPU Kota Kotamobagu hanya sembilan orang.
“Mereka sudah menyampaikan surat pernyataan yang menerangkan bahwa surat keputusan pemberhentiannya sedang berproses dan keterlambatan di luar kewenangannya,” ujar Nova.
Menurut Nova, Pasal 26 ayat 5 dan 6 PKPU Nomor 20 tahun 2018 Tentang Pencalonan Anggota DPR, DPD dan DPRD, menjelaskan bahwa DCT ditandatangani oleh Ketua dan Anggota KPU/KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota berdasarkan rancangan DCT yang terlebih dahulu disetujui dan ditandatangani oleh LO maupun pengurus partai politik. “Penandatanganan rancangan sudah dilakukan pada Rabu (19/09/18) sore kemarin. Dengan demikian KPU Kota Kotamobagu tinggal menandatangani Berita Acara (BA) serta DCT-nya pada Kamis (20/09/18) sebagaimana tahapan. Untuk kemudian akan dipublikasikan di media serta di tempat-tempat umum.”
Dari DCT yang sudah ditetapkan tersebut tercatat satu bakal caleg yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS), yaitu atas nama Tuto Manangin dari Daerah Pemilihan I Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Tuto menundurkan diri dan sudah direkomendasikan langsung oleh partainya.
Setelah penetapan DCT ini, tahapan Pemilu Tahun 2019 akan dilanjutkan dengan masa kampanye dan pelaporan dana kampanye kepada KPU Kota Kotamobagu. “Terkait dana kampanye harus diperhatikan baik-baik, karena bila terbukti tidak memasukkan laporan, sekalipun caleg yang bersangkutan dinyatakan terpilih akan didiskualifikasi,” pungkas Nova. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …