Home / Berita / KPU Tetapkan Dapil Pemilu 2019

KPU Tetapkan Dapil Pemilu 2019

KOTAMOBAGU – Setelah melalui berbagai tahapan dan kajian, KPU RI akhirnya menetapkan daerah pemilihan (dapil) Pemilu 2019, termasuk untuk Kota Kotamobagu.
“Tidak jauh berbeda dengan dapil pemilu sebelumnya, Kota Kotamobagu hanya tiga dapil, yakni Kecamatan Kotamobagu Utara dan Timur menjadi Dapil 1, Kotamobagu Selatan Dapil 2 dan Kotamobagu Barat sebagai Dapil 3,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu di kantornya, Minggu (08/04/18).
Asep menjelaskan keputusan terebut dituangkan dalam Keputusan KPU RI Nomor 288 Tahun 2018 tertanggal 4 April 2018. “Dengan demikian Pemilu 2019 mendatang Kota Kotamobagu tetap menggunakan 3 dapil dengan jumlah kursi sebanyak 25 sebagaimana yang berlaku sekarang.”
Bila dirinci sebagaimana tertuang dalam Keputusan KPU RI, jumlah kursi Dapil 1 sebanyak 10 dengan jumlah pemilih 47.848 orang. Sementara untuk Dapil 2 pemilihnya sebanyak 31.188 orang dan Dapil 3 dengan jumlah pemilih sebanyak 43.272 orang.
Sebagaimana sudah diberitakan sebelumnya, untuk menentukan dapil tersebut ada tujuh kategori yang harus dipenuhi, sehingga satu saja yang tidak bisa dipenuhi maka jumlah dapil tidak akan bisa dimekarkan.
“KPU Kota Kotamobagu Sudah melakukan kajian dan rapat kerja dengan stakeholder, termasuk pimpinan partai politik maupun tokoh masyarakat,” kata Asep sambil menambahkan rekomendasi stakeholder Kota Kotamobagu terkait dengan pemekaran dapil sudah disampaikan namun hasilnya tetap seperti itu. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …