KPU Tetapkan 4 Pasang Calon Peserta Pilwako Kotamobagu

KOTAMOBAGU– Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kotamobagu Toan Tongkasi-Lucky Mangkey, harus menelan pil pahit. Pasangan yang diusung 15 Partai Gabungan (Pargab) non kursi tidak lolos sebagai peserta Pilwako Kotamobagu 2013.

Hasil rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu yang digelar di gedung DPRD Kotamobagu, Sabtu (11/05), hanya menetapkan empat dari lima bakal calon kepala daerah yang berhak mengikuti tahapan berikutnya pada Pilwako Kotamobagu periode 2013-2018.

Empat pasangan itu yakni, Tatong Bara-Jainudin Damopolii (TB-JaDi), Nurdin Makalalag-Sahat Robert Siagian (BeNaR), Djelantik Mokodompit-Rustam Simbala (DjelaS) dan Muhammad Salim Landjar-Ishak Sugeha (LarIs). Mereka dinyatakan memenuhi syarat.  Sementara pasangan Toan Tongkasi-Lucky Mangkey, dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi. “Pasangan itu telah gagal di tengah jalan karena masalah administrasi,” ujar Ketua KPU Kotamobagu Nayodo Kurniawan saat rapat pleno penetapan dan pengundian nomor urut calon Pilwako KK.

Dia mencontohkan tandantangan pengurus partai yang diduga dilakukan oleh orang tidak kompeten. Selain itu tidak mengikuti sejumlah tahapan tes bakal calon.

Keempat pasangan calon itu ditetapkan berdasarkan surat keputusan (SK) KPU Kotamobagu nomor 19/KPPS/KWK/KPU-KK/V/2013, tentang penetapan pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kotamobagu tahun 2013, yang dibacakan komisioner KPU KK Amir Halatan S.Sos

Seperti diketahui, pasangan TB-JaDi diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN), pasangan BeNaR diusung Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN) dan Partai Demokrasi Pembaharuan (PDP), pasangan DjelaS diusung Partai Golkar koalisi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) serta didukung Partai Gerindra dan Hanura, sementara pasangan LarIs diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat dan Pertai Keadilan Sejahtera (PKS).(*)

Leave a Reply