Home / Berita / KPU Tetapkan 25 Caleg Terpilih

KPU Tetapkan 25 Caleg Terpilih

KOTAMOBAGU – Pleno terbuka yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu dalam rangka penetapan kursi dan calon legislatif (caleg) terpilih hasil pemilu 2014, berjalan menarik.

Berbeda dengan daerah lainnya di Sulawesi Utara, bahkan Indonesia, dalam rapat yang digelar di gedung DPRD Kotamobagu itu, KPU Kotamobagu menampilkan film profile para caleg terpilih dengan durasi masing-masing 60 detik. “Profile ini sengaja kami tampilkan agar masyarakat bisa mengetahui dengan jelas siapa wakil mereka. Karena rapat pleno ini juga disiarkan secara langsung oleh beberapa radio,” kata Nayodo Koerniawan, Ketua KPU Kotamobagu, Senin (12/05/14) kemarin.

Nayodo secara gamblang bagaimana proses penetapan partai dan calon terpilih pada Pemilu 2014. “Penetapan kursi dan calon terpilih berdasarkan rapat pleno terbuka rekapitulasi surat suara pada 20 April lalu yang kemudian dituangkan dalam SK KPU Nomor: 49/SK/KPU-KK/XII/2013 Tentang Perubahan Atas Keputusan KPU Kotamobagu Nomor: 30/KPU-KK/VIII/2013 Tentang Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Kotamobagu pada Pemilu Legislatif 2014. Hal itu diperkuat dengan Keputusan KPU Nomor 126/KPTS/KPU/Tahun 2013 Tentang Penetapan Ddaerah Pemilihan dan Jumlah Kursin Agoota DPRD Kotamobagu,” jelas Nayodo.

Sementara itu, Aditya Tegela, komisioner yang membidangi teknis penyelenggara, hukum dan pengawasan membeberkan tentang tata cara penghitungan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih disetiap daerah pemilihan (capil) sebagaimana Pasal 21, Pasal 22 dan Pasal 23 PKPU Nomor 29/2013 Tentang Penetapan hasil Pemilu, Perolehan Kursi, Calon Terpilih dan Penggantian Calon Terpilih pada Pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD.

“Pasal 21 menegaskan perolehan kursi masing-masing parpol pada setiap dapil dilakukan dengan menetapkan bilang pembagi pemilihan (BPP) DPRD. BPP dimaksud dihitung dengan cara total perolehan suara sah parpol di setiap dapil dibagi dengan jumlah kursi dapil tersebut. Apabila BPP dari hasil bagi tersebut menghasilkan pecahan maka angka pecahan 0,5 dibulatkan ke atas, sebaliknya kebawah dihapus.”

Berikutnya Pasal 22, lanjut Aditya, dilakukan penghitungan perolehan kursi parpol disetiap dapil. “Sementara Pasal 23 dijelaskan penghitungan perolehan kursi parpol di setiap dapil dilakukan dalam dua tahap, pertama, membagi jumlah suara sah yang diperoleh setiap parpol dengan BPP DPRD dengan ketentuan bila suara sah parpol sama atau lebih dengan BPP, maka parpol tersebut memperoleh kursi, dan bila masih tedapat sisas suara maka sisa suara tersebut akan dihitung pada tahap kedua.”

Dan, apabila suara sah parpol tak mencapai BPP, maka parpol tersebut tidak memperoleh kursi pada penghitungan tahap pertama, jumlah suara sah parpol tersebut menjadi sisa suara yang akan dihitung dalam penghitungan kursi tahap kedua. “Penghitungan tahap kedua dilakukan apabila masih terdapat sisa kursi dalam penghitungan tahap pertama dengan cara membagikan sisa kursi yang belum terbagi satu persatu sampai habis kepada parpol berdasarkan sisas suara terbanyak,” jelas Aditya.

Sementara untuk penetapan calon terpilih, masih kata Aditya, KPU Kotamobagu merujuk pada Pasal 41 PKPU Nomor 29/2013 Tentang Penetapan Hasil Pemilu, Perolehan Kursi, Calon Terpilih dan Penggantian Calon pada Pemilu DPR, DPD dan DPRD. “Intinya penetapan calon terpilih didasarkan pada perolehan kursi parpol dan suara sah calon.”

Usai penjelasan Aditya, tiga komisioner KPU Kotamobagu lainnya, yakni Asep Sabar, Iwan Manoppo dan Nova Tamon secara bergantian mengumumkan perolehan kursi masing-masing partai dan calon untuk dapil I, II dan III. (**)

ANGGOTA DPRD KOTA KOTAMOBAGU
HASIL PEMILIHAN UMUM ANGGOTA DPR, DPD DAN DPRDTAHUN 2014

DAERAH PEMILIHAN KOTAMOBAGU 1 (SATU)
PARTAI POLITIK                                         NAMA CALON TERPILIH
1    PARTAI KEBANGKITAN BANGSA    DANI IKBAL MOKOGINTA, SH
2    PDI PERJUANGAN                               ADRIANUS MOKOGINTA, SE
3    PARTAI GOLONGAN KARYA             HERDY KOROMPOT
4    PARTAI GOLONGAN KARYA             RIANA SARI MOKODONGAN, Spi
5    PARTAI GERINDRA                             FEIBA ANNA JULIANA TUMUNDO
6    PARTAI DEMOKRAT                           ISHAK SUGEHA, ST, ME
7    PARTAI AMANAT NASIONAL           Hi. AHMAD SABIR
8    PARTAI AMANAT NASIONAL           ARMAN ADATI
9    PARTAI AMANAT NASIONAL           ALFRITS NELSON PAAT
10    PARTAI HATI NURANI RAKYAT    AGUS SUPRIJANTA, SE

DAERAH PEMILIHAN KOTAMOBAGU 2 (DUA)
NO    PARTAI POLITIK                               NAMA CALON TERPILIH
1    PARTAI KEBANGKITAN BANGSA    JUSRAN DEBY MOKOLANOT, S.Ag, M.Si
2    PARTAI KEADILAN SEJAHTERA     KADIR RUMOROY
3    PDI PERJUANGAN                               MEIDDY MAKALALAG, ST
4    PARTAI GOLONGAN KARYA             RENDI VIRGIAWAN MANGKAT, SH.
5    PARTAI DEMOKRAT                            MULIADI PAPUTUNGAN, S.AP.
6    PARTAI AMANAT NASIONAL           BOB PAPUTUNGAN, ST

DAERAH PEMILIHAN KOTAMOBAGU 3 (TIGA)
NO    PARTAI POLITIK                              NAMA CALON TERPILIH
1    PARTAI KEADILAN SEJAHTERA     DJUFRI LIMBALO, SS
2    PDI PERJUANGAN                               DIANA J. E. RORING
3    PARTAI GOLONGAN KARYA            Hi. DJELANTIK MOKODOMPIT, S.Sos, ME
4    PARTAI GOLONGAN KARYA            FACHRIAN MOKODOMPIT
5    PARTAI GERINDRA                             HERRY FRANGKY COLOAY, SE
6    PARTAI DEMOKRAT                           NOVY REGGIE MANOPPO, S.Sos
7    PARTAI AMANAT NASIONAL           STEWARD ADHITYO PANTAS, ST
8    PARTAI AMANAT NASIONAL          ANUGRAH. BEGIE. CH. GOBEL, SE
9    PARTAI HATI NURANI RAKYAT     IR. SUHARSONO MARSIDI

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply