Home / Berita / KPU Tak Bisa Penuhi Rekom Pemkot

KPU Tak Bisa Penuhi Rekom Pemkot

KOTAMOBAGU – Terkait daftar pemilih, Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu merekomendasikan ratusan nama pemilih untuk segera dihapus.

Tidak tanggung-tanggung, rekomendasi yang disampaikan Pemkot Kotamobagu ke KPU Kotamobagu ditandatangani langsung oleh Sekretaris Kota dan para sangadi serta lurah se-Kotamobagu. Hal itu disampaikan lantaran setelah diadakan penge-check-an ke desa dan kelurahan, mereka sudah tidak diketahui lagi keberadaannya, bahkan ada yang sudah bertahun-tahun pindah domisili dan lain sebagainya.

Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi data dan informasi, saat dikonfirmasi mengatakan permintaan Pemkot tersebut untuk sementara tidak bisa dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Karena berdasarkan Surat Edaran KPU RI Nomor 89/KPU/II/2014, terutama pada point 7, ditegaskan bahwa penyempurnaan DPT terkait dengan penyaring pemilih yang tidak memenuhi syarat yang dilakukan dalam sidalih tidak mempengaruhi rekapitulasi DPT dan tidak menghilangkan data pemilih dari DPT dan sistem.

“Jadi sistem hanya memberikan tanda warna abu-abu pada pemilih yang tidak memenuhi syarat dan tanda coret pada data pemilih yang terdaftar di PDF DPT,” jelas Asep, Sabtu (22/02/14).

Saat ini, lanjut Asep, KPU masih melakukan perbaikan terhadap data pemilih yang invalid, terutama tanggal lahir, alamat dan nomor induk kependudukan (NIK). “Kalau hanya NIK DPT Kotamobagu sudah tuntas sejak tanggal 10 Februari lalu. Sekarang masih melengkapi nomor kartu kependudukan (NKK),” pungkas Asep. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply