Home / Berita / KPU Supervisi Coklit

KPU Supervisi Coklit

KOTAMOBAGU – Untuk kesekian kalinya KPU Kotamobagu melakukan monitoring pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).Beda dengan sebelumnya dilakukan masing-masing korwil, Tim Monitoring KPU Kotambagu yang turun Senin (27/07/15) ini antara lain tiga komisioner; Asep Sabar (Divisi Data Informasi), Iwan Manoppo (Divisi Sosialisasi), Aditya Tegela (Disivis Teknis, Hukum dan Pengawasan), dan Abdullah Mokoginta (Sekretaris KPU Kotamobagu), operator sidalih Nasir Malah dan Staf Sekretariat; Bambang Tombaan.

Secara keseluruhan rapor PPDP dalam menjalankan tugasnya dilaporkan tidak ada persoalan dan masih berjalan sesuai yang diharapkan. “Kalaupun ada persoalan kami langsung melakukan koordinasi dan komunikasi secara berjenjang,” kata beberapa Panitia Pemungutan Suara (PPS) kepada tim monitoring.

Samsuri Mamonto, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sempat menyampaikan bahwa di wilayahnya; Kecamatan Kotamobagu Timur pelaksanaan coklit sudah mencapai 50 persen lebih. “Mudah-mudahan hingga akhir Juli ini semuanya bisa tuntas 100 persen,” kata Samsuri optimis.

Hal yang sama juga disampaikan Junaidi Amra, Ketua PPK Kecamatan Kotamobagu Utara dan Yuelissa Kelung, Ketua PPK Kecamatan Kotamobagu Selatan. Kepada media ini keduanya optimis pelaksanaan coklit bisa sesuai harapan.

“Setiap ada problem kami langsung menuntaskannya hari itu juga. Bahkan kami juga sudah membagi tugas untuk memantau pelaksanaan coklit yang dilakukan oleh PPDP.”

Sementara itu Asep Sabar, penanggungjawab pemutakhiran data pemilih Pilgub Sulut Tahun 2015 di Kotamobagu, mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan PPK dan PPS untuk terus mengawal dan mengawasi jalannya coklit.

“Ini penting jangan sampai mereka tidak turun langsung ke rumah-rumah pemilih. Bahkan kami juga terus-menerus mengingatkan jangan sampai ada pemilih yang tidak terdata atau tidak tercoklit dengan baik.”

Menariknya, pada monitoring kali ini dihadiri langsung oleh Camat dan Sekretaris Camat. “Kehadiran pimpinan kecamatan penting mengingat secretariat PPK berada di Kantor Kecamatan. Karena sukses tidaknya pelaksanaan Pilgub Sulut tergantung juga dari pemerintah kecamatan,” kata Abdullah Mokoginta menambahkan. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply