Home / Berita / KPU Sulut Sosialisasi PKPU 5/2020

KPU Sulut Sosialisasi PKPU 5/2020

KOTAMOBAGU – Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan 2020 Lanjutan yang sudah disahkan terus disosialisasikan oleh KPU Provinsi Sulawesi Utara. Jumat (19/06/2020) sosialisasinya digelar di Kota Kotamobagu yang dilaksanakan oleh KPU Kota Kotamobagu. Hadir dalam sosialisasi yang dilakukan secara daring tersebut Salman Saelangi dan Yessy Momongan, Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Utara yang membidangi sosialisasi dan Teknis Penyelenggaraan.
Dalam presentasinya kedua anggota KPU Sulut tersebut lebih banyak menyoroti tentang kesiapan pelaksanaan Pemilihan, dalam hal ini Pilgub Sulawesi Utara Tahun 2020 ditengah pandemi Covid-19.
“Dikeluarkannya Perpu Nomor 2 Tahun 2020 menjadi dasar hukum bagi kelanjutan Pemilihan 2020 dalam hal ini Pilgub Sulawesi Utara Tahun 2020. Meski di Pasal 201 A poin 3 dinyatakan dalam hal tidak memungkinkan bisa ditunda kembali dari tanggal sekarang 9 Desember 2020.”
Dengan ditetapkannya kembali lanjutan Pilkada 2020 makan berpengaruh pada jadwal yang sudah ada selama ini. “Meski demikian tidak ada tahapan yang terlewati atau dilewati, dan ini merupakan tahapan lanjutan dari yang sudah dilaksanakan lalu.”
Sementara itu. Yessy Momongan menyoroti tentang teknis penyelenggaraan Pemilihan 2020 ditengah pandemi. Dimulai dengan tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) yang akan dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).
Menurutnya, dalam menjalankan tugasnya PPDP akan dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) yang semuanya akan disiapkan oleh KPU Provinsi Sulawesi Utara. “Kami optimis pelaksanaan coklit di Kota Kotamobagu akan berjalan dengan baik, mengingat semangat PPS dan PPK. Ini ditambah lagi jaringan internet di daerah ini sangat bagus.”
Yessy berharap, kepada semua penyelenggara mulai dari KPU hingga KPPS nanti untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. “Jangan lupa terus berkoordinasi dengan Gugus Tugas pemerintah terkait apa-apa yang harus dilaksanakan terkapit dengan pelaksanaan Pemilihan 2020.”
Hadir di acara tersebut lima Komisioner KPU Kota Kotamobagu; Iwan Manoppo, Asep Sabar, Yokman Muhaling, Zulkifli Kadengkang dan Adrian Herdi Dayoh. (***)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …