Home / Berita / KPU Sulut Siap Back Up

KPU Sulut Siap Back Up

MANADO – KPU Provinsi Sulawesi Utara siap membackup KPU Kota Kotamobagu dalam menyelenggarakan Pilkada Serentak Tahun 2018 di Kota Kotamobagu.
“Kami akan berada di belakang KPU Kota Kotamobagu selagi mereka bekerja sesuai dengan tahapan dan regulasi yang ada,” tegas Yessy Momongan, Ketua KPU Provinsi Sulawesi Utara yang didamping Ardiles Mewoh, Ketua Divisi Hukum KPU Provinsi Sulawesi Utara, Minggu (31/12/17).
Dalam kesempatan tersebut KPU Kota Kotamobagu sempat melaporkan kronologis jalannya verifikasi dukungan terhadap bakal pasangan calon perseorangan yang baru saja selesai.
“Kami melaporkan bahwa secara umum pelaksanaan seluruh tahapan verifikasi, mulai dari penghitungan jumlah dukungan, verifikasi administrasi hingga verifikasi factual, semuanya berjalan dengan lancar,” papar Nova Tamon, diiyakan empat komisioner KPU Kotamobagu lainnya; Asep Sabar, Iwan Manoppo, Aditya tegela dan Amir Halatan.
Ketika ditanyakan bagaimana dengan pihak Panwas Kotamobagu dan tim penghubung bakal pasangan saat pleno. Nova menjelaskan bahwa saat pleno tingkat PPK tim penghubung dan Panwas sempat memberikan sanggahan, masukan dan bahkan pernyataan yang menolak hasil pleno.
“Hanya saja hingga pleno tingkat KPU Kota Kotamobagu pihak Panwas hanya menyampaikan semua hal yang dianggap bermasalah hanya secara lisan, terutama yang terkait dengan banyaknya laporan masyarakat. Hanya saja semuanya tidak disampaikan secara tertulis, sehingga kami agak kesulitan untuk bisa menindaklanjutinya,” tegas Nova.
Demikian pula dengan permintaan Panwas agar KPU Kota Kotamobagu mau memberikan data dukungan bakal pasangan calon (Formuli B.1-KWK) kepada mereka, dengan alasan untuk menindaklanjuti laporan masyarakat.
“Kami sudah jelaskan secara detail regulasinya kepada Panwas bahwa data tersebut termasuk informasi public yang dikecualikan, sehingga KPU Kota Kotamobagu tidak bisa begitu saja membocorkan dokumen dukungan tersebut,” jelas Amir Halatan, Ketua Divisi Hukum KPU Kota Kotamobagu. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …