Home / Berita / KPU Sulut Monitoring Coklit Dalih

KPU Sulut Monitoring Coklit Dalih

KOTAMOBAGU – Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Utara, Vivi George, Rabu (05/08/15) melakukan monitoring pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang dilakukan oleh PPDP di Kota Kotamobagu.

“Secara keseluruhan pelaksanaan coklit data pemilih di daerah ini berjalan dengan baik dan sesuai harapan. Mudah-mudahan laporan akhirnya nanti akan bagus juga,” kata Vivi kepada media ini di sela-sela monitoringnya di Desa Poyowa Besar II, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Kota Kotamobagu.

Vivi yang ditemani dua komisioner KPU Kotamobagu, Iwan Manoppo dan Asep Sabar itu meminta kepada PPK dan PPS untuk terus memandu dan mengawasi pelaksanaan coklit yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

“Sekarang sudah masuk paruh ketiga pelaksanaan coklit dan tinggal beberapa hari. Karena itu monitoring secara berjenjang harus terus dilakukan, baik oleh PPK, PPS maupun KPU Kotamobagu sendiri. Ini penting mengingat bila ada persoalan di lapangan bisa langsung diatasi saat itu juga.”

Dalam kesempatan itu Asep Sabar, komisioner KPU Kotamobagu yang juga penanggungjawab data pemilih, menambahkan bahwa secara keseluruhan proses coklit di empat kecamatan di Kotamobagu sudah berjalan dengan baik. “Rata-rata semua informasi yang masuk ke KPU sudah berada di atas 75-80 persen. Ini berarti di sisa waktu ini semuanya sudah harus dituntaskan.”

KPU Kotamobagu, kata Asep, sudah menginstruksikan kepada seluruh PPDP untuk menuntaskan coklit hingga tanggal 10 Agustus pekan depan. “Mengapa demikian, padahal dalam tahapan sampai 19 Agutus? Justru disisa waktu tersebut digunakan koordinasi antar PPDP atau PPS. Karena tidak sedikit pemilih yang pindah domisili, baik antar TPS, kelurahan/desa atau bahkan kabupaten/kota. Disinilah waktunya saling crosscheck.” (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply