Home / Berita / KPU Sulut: Jaga Soliditas

KPU Sulut: Jaga Soliditas

KOTAMOBAGU – KPU Provinsi Sulawesi Utara, Minggu (28/01/18) kemarin bertandang ke KPU Kota Kotamobagu terkait tugas dan wewenangnya melakukan supervisi pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018.
Menurut Yessy Momongan, Ketua KPU Sulut, pihaknya berharap komisioner dan sekretariat KPU Kota Kotamobagu bisa menjaga soliditas dalam menyelenggarakan pilkada di daerah ini.
“Jangan coba-coba, satu saja diantara kita yang coba ‘bermain-main’ dalam menyelenggarakan pilkada, karena dampaknya pasti akan buruk,” tegas Yessy diiyakan Ardiles Mewoh dan Zulkifli Golonggom.
Di hadapan PPS dan PPK se-Kota Kotamobagu Yessy mengatakan pengalaman selama menyelenggarakan pemilihan atau menyelenggarakan pilkada di beberapa kabupaten/kota se-Sulawesi Utara, memang tidak selamanya berjalan mulus, selalu saja ada perdebatan serta opini sana-sini, dan itu wajar.
“Kuncinya dari semua itu taat asas. Artinya, kalau kita sudah berjalan sesuai aturan atau regulasi yang ada, dipastikan persoalan-persoalan yang muncul di seputaran tahapan, pasti bisa dihadapi dengan baik. KPU Sulut siap mem-backup kalau memang KPU Kota Kotamobagu jalan sesuai dengan aturan.”
Hal yang sama juga disampaikan oleh Ardiles Mewoh. Menurut Ketua Divisi Hukum ini, kasus-kasus atau sengketa hukum tidak akan muncul bila semuanya dilaksanakan sesuai tahapan serta koridor hukum.
“KPU Kota Kotamobagu kan punya predikat terbaik nasional; KPU Berintegritas, sudah pasti paham soal apa itu integritas, profesionalitas dan lain-lainnya. Karena itu kami tidak terlalu ragu teman-teman KPU Kota Kotamobagu bisa menuntaskan semua tahapan pilkada di Kota Kotamobagu hingga selesai nanti.”
Yang terpenting dari semua itu, lanjut Ardiles, jangan sungkan-sungkan untuk selalu berkoordinasi dan berkonsultasi dengan pihak-pihak di atasnya, misalnya; PPS ke PPK, PPK ke KPU Kabupaten/Kota, KPU Kabupaten/Kota ke KPU Provinsi dan seterusnya hingga ke KPU RI. Ini penting agar ketika ada kasus semuanya bisa diselesaikan dan dicarikan solusi, termasuk ketika menghadapi gugatan.
Hadir di acara tersebut Ketua Panwas Kota Kotamobagu, Musly Mokoginta. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …