Home / Berita / KPU Sulut Dilantik

KPU Sulut Dilantik

Jakarta, kpu-sulutprov.go.id – Bertempat di Hotel Borobudur Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi melantik 5 Anggota KPU Provinsi Sulawesi Utara. Acara diawali dengan pembacaan surat keputusan KPU, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah, pembacaan pakta integritas dan sambutan dari Ketua KPU Arief Budiman.
Pada pelantikan periode ini menjadi kebanggaan bagi perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, dikarenakan 2 (dua) anggotanya menjadi perwakilan Komisioner untuk menandatangani Berita Acara (BA) Pelantikan. Adapun perwakilan dari KPU Provinsi Sulawesi Utara yaitu Dr. Ardiles M.R. Mewoh, S.IP., M.Si mewakili Kristen Protestan dan Lanny Anggreiny Ointu, Se mewakili Agama Islam.
Dalam sambutannya Ketua KPU RI, Arief Boediman menekankan agar penyelenggara yang baru dilantik bekerja dengan penuh semangat dan selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sebagaimana slogan selama ini KPU Melayani. Arief juga mengingatkan bahwa tantangan sebagai penyelenggara di lima tahun kedepan tidaklah mudah, namun hal tersebut jangan menyurutkan semangat dari anggota KPU selama bekerja dengan cerdas dan selalu mengedepankan kordinasi.
Berbeda dengan pelantikan pada periode lalu, anggota KPU Provinsi yang baru dilantik sebagaimana diatur dalam Undang- undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dalam Pasal 10 ayat (2) Huruf f saat ini jumlah komisioner sebanyak 5 (lima) orang atau 7 (tujuh) orang dengan melihat kriteria jumlah penduduk dan lus wilayah baik daerah maupun administratif.
Arief dalam sambutannya berpesan agar dapat melaksanakan tupoksi sesuai dengan peraturan perundang- udangan yang berlaku. Komisioner tidak lagi mencampuri kebijakan sekretariat maupun sebaliknya Sekretariat tidak boleh mencapuri kewenangan dari Komisioner. Ini penting untuk diterapkan di daerah agar tidak ada lagi perbedaan antara Komisioner maupun Sekretariat, karena keduanya harus berjalan bersama untuk pelaksanaan setiap tahapan baik pemilu maupun pilkada. (admin/kpusulut/evans)

Sumber www.kpu-sulutprov.go.id

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …