KPU Siapkan TPS Khusus di Rutan

KOTAMOBAGU– Sebanyak 240 kotak suara siap disalurkan ke seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kota Kotamobagu jelang Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwako) pada 24 Juni nanti.
240 kotak suara itu sesuai banyaknya TPS yang ada di Kota Kotamobagu. Menurut komisioner KPU Kotamobagu Nova R.Tamon, kotak suara dan sejumlah logistik lainnya siap dibagikan.

“H-1, semua logistik termasuk didalamnya kotak suara dan surat suara dibagikan ke seluruh kelurahan/desa yang ada di Kotamobagu. Itu juga akan dikawal ketat oleh petugas kepolisian,” ujar Nova di ruang kerjanya, Jumat (21/06) kemarin.

Selain itu tambahnya, KPU juga akan menyiapkan TPS khusus yang akan ditempatkan di rumah tahanan (Rutan) Kotamobagu. Dikatakannya, pihaknya akan menempatkan petugas dalam bilik suara di Rutan nanti.

“Ada sejumlah warga yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) yang masih ditahan dalam Rutan. Mereka itu adalah wajib pilih yang mempunyai hak untuk menyalurkan hak politiknya pada Pilwako Kotamobagu yang akan digelar pada Senikn, 24 Juni 2013 ini,” jelas Nova.

Jumlah wajib pilih yang akan menyalurkan hak politiknya pada TPS khusus ini sambung Nova, sebanyak 86 orang. “73 orang berada dalam Rutan Kotamobagu, 10 orang dalam tahanan Polres Bolmong dan 3 berada di tahanan Polsek Kotamobagu. Khusus mereka yang berada dalam tahanan Polres dan Polsek, akan dibawa ke Rutan dan digabung bersama wajib pilih disana untuk menyalurkan hak politiknya,” terang Nova menandaskan.(*)

Leave a Reply