Home / Berita / KPU Siap Buka Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2014

KPU Siap Buka Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2014

Gedung KPU PusatJakarta, kpu.go.idKomisi Pemilihan Umum (KPU) telah siap membuka pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2014. KPU juga telah menetapkan Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2012 mengenai Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik peserta Pemilu 2014. Hal ini diungkap oleh Ketua KPU, Husni Kamil Manik, S.P. dalam konferensi pers yang diselenggarakan KPU di ruang Media Centre KPU, Kamis (09/08), pukul 14.00 WIB.

Dalam konferensi pers tersebut hadir 6 (enam) Komisioner KPU, yaitu Husni Kamil Manik, S.P., Dr. Ferry Kurnia Rizkiansyah, S.IP., M.Si, Sigit Pamungkas, S.IP., M.Si, Drs. Hadar Nafis Gumay, Arief Budiman, SS., S.IP., MBA, dan Ida Budhiati, SH., MH. Sedangkan Komisioner KPU Juri Ardiantoro, M.Si tidak bisa hadir karena sedang menjalankan tugas di Bima Nusa Tenggara Barat.

Proses pendaftaran ini dibuka mulai besok tanggal 10 Agustus 2012 hingga 7 September 2012. Setelah itu akan dilanjutkan proses penelitian administratif, kemudian selanjutnya proses penelitian faktual yang akan berlangsung hingga bulan Desember, dan partai politik peserta Pemilu 2014 akan ditetapkan pada tanggal 15 desember 2012. Partai politik yang akan diverifikasi hanya mendaftar di KPU tingkat pusat, tidak mendaftar di KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota, tetapi partai politik juga berkewajiban menyampaikan dalam bentuk fisik Kartu Tanda Anggota (KTA) di KPU Kabupaten/Kota.

“KPU sangat terbuka dalam proses pendaftaran partai politik ini, tadi kami juga bertemu dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), kami sampaikan bahwa proses ini terbuka untuk siapapun, dan kami juga menggunakan pola kerja yang tanpa pengawasanpun, kami akan berkerja sesuai peraturan dan perundang-undangan,” papar Husni dalam konferensi pers tersebut.

Husni juga mengungkapkan bahwa sudah ada informasi adanya partai-partai yang akan menggunakan hari pertama untuk mendaftarkan diri. Demi kelancaran proses pendaftaran, KPU membatasi pengurus partai yang bisa memasuki area kantor KPU maksimal sepuluh orang, dan pengurus partai menugaskan hanya maksimal dua orang yang menjadi penghubung antara partai politik dengan KPU, sehingga alur komunikasi KPU hanya melalui dua orang tersebut.

“Kami siapkan 170 orang tenaga profesional yang tergabung dalam kelompok kerja pendaftaran dan verifikasi partai politik ini, kemudian untuk mempermudah partai politik dalam melakukan pendaftaran, kami sediakan pula aplikasi sistem informasi partai politik yang kita sediakan di laman website kpu.go.id yaitu www.sipol.kpu.go.id,” tambah husni.

KPU juga sudah menyiapkan help desk atau unit pelayanan informasi untuk melayani pertanyaan-pertanyaan atau informasi yang dibutuhkan partai politik, sehingga diharapkan pada waktu mendaftar partai-partai tersebut sudah memahami persyaratan yang harus dilengkapi untuk memperlancar proses pendaftaran. Pelayanan help desk tersebut 24 jam, dari jam 08.00 – 16.00 WIB bisa bertemu langsung dengan petugas, atau selain waktu tersebut bisa berkomunikasi via email. Nomor telepon helpdesk 021-3156362, faks 021-31931527, dan email: helpdesk@app.kpu.go.id.

Kemudian Husni juga menyampaikan untuk memudahkan media mendapatkan informasi perkembangan proses pendaftaran dan verifikasi partai politik tersebut bisa langsung berkomunikasi dengan Anggota KPU Divisi Hukum dan Pengawasan, yaitu Ida Budhiati, SH., MH dan Sigit Pamungkas, S.IP., M.Si. (arf/red)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply