KPU Sebut Pilwako Sukses

KOTAMOBAGU– Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kotamobagu (KK) terpilih oleh KPU, berjalan lancar dan aman.

Meski sempat diwarnai aksi unjukrasa oleh simpatisan dan pendukung dari pasangan Djelantik Mokodompit-Rustam Simbala (DjelaS) di sekertariat DjelaS, di jalan Adampe Dolod, Kelurahan Mogolaing, Kecamatan Kotamobagu Barat, namun aksi tersebut tidak sampai ke lokasi pelaksanaan rapat pleno di kantor KPU.

Bahkan, Ketua KPU Nayodo Koerniawan menklaim, pelaksanaan Pilwako 2013 berjalan sukses. Alasannya, tingkat partisipasi wajib pilih yang menyalurkan hak politiknya mencapai 82 persen dari total pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) sebesar 86.904.

“Yang tidak memilih sebanyak 15.877 orang. Dan yang menyalurkan hak politiknya berjumlah 71.651. Hitungan persentasenya lebih dari 80 persen. Artinya, Pilwako KK sukses. Dibandingkan Pilkada di sejumlah daerah yang tingkat partisipasi pemilih hanya sekira 50-60 persen,” ujar Nayodo kepada sejumlah wartawan, kemarin.

Selain itu sambung Nayodo, tingkat keamanan selama proses tahapan Pilwako ini berjalan. Meski ada gesekan-gesekan kecil antar pendukung, tapi umumnya semua berjalan dengan aman. “Kami sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak TNI/Polri, karena Pilwako terlaksana dengan aman, damai dan sukses,” katanya.

Terkait keberatan tiga saksi pasangan calon yang akan melakukan langkah-langkah hukum, Nayodo mengatakan itu adalah hak mereka. Asalkan kata Nayodo, semua itu dilakukan sesuai dengan aturan yang ada. “Kami sangat menghormati dan menghargai langkah yang diambil oleh mereka. Prinsipnya, kami tinggal menunggu upaya hukum yang akan dilakukan,” tandas Nayodo.

Sementara itu, Kapolres Bolmong AKBP Hisar Siallagan mengatakan pihaknya akan terus melakukan pengamanan sampai pada pelantikan wali kota dan wakil wali kota terpilih nanti.(*)

Leave a Reply