Home / Berita / KPU RI Dukung Nayodo Cs

KPU RI Dukung Nayodo Cs

KOTAMOBAGU– Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) mendukung langkah KPU Kotamobagu yang menunda pengumuman penetapan calon  Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Pihak KPU RI menilai penundaan tersebut justru sangat tepat, guna menghindari kesalahan sesama komisioner KPU Kotamobagu. Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Kotamobagu Nayodo Koerniawan usai menyerahkan hasil penetapan calon ke KPU RI, Senin kemarin.

Nayodo didampingi Nova Tamon, Meity Mokoginta, dan Amir Halatan diterima komisioner KPU Pusat Hadar Gumay di ruang kerjanya. “Hasilnya sudah diserahkan dan pada kesempatan itu juga kami menyampaikan alasan penundaan. Beliau (Hadar, red), menerima dan mendukung keputusan KPU Kotamobagu melakukan penundaan itu,” ujar Nayodo.

“Pak Hadar katakan, itu bukan kehendak KPU Kotamobagu melakukan penundaan. Justru itu langkah yang tepat, karena proses pemeriksaan kesehatan yang terlambat dikeluarkan,” kata Nayodo meniru perkataan Hadar.

Seperti diketahui, pihak KPU Kotamobagu melakukan penundaan pengumuman hasil verifikasi sebanyak tiga kali. Sesuai jadwal tahapan, agenda tersebut harusnya berlangsung pada tanggal 8 Mei lalu. Kemudian ditunda lagi hingga 21-22 Mei dengan mengeluarkan SK Nomor 18 Tahun 2013 dengan alasan hasil pemeriksaan kesehatan belum keluar yang disebabkan ada satu kandidat terpaksa diperiksa ulang.

Akhirnya, pengumuman penetapan calon sekaligus pengundian nomor urut dilakukan Sabtu (11/5). “Pihak Bawaslu menyatakan tidak bisa lagi ada penundaan waktu. Penetapan harus dilakukan Sabtu,” kata Nayodo usai penetapan.(*)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply