Home / Berita / KPU Peringati Pasangan Bakal Calon

KPU Peringati Pasangan Bakal Calon

KOTAMOBAGU— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu memperingatkan Bakal Calon Wali Kota Kotamobagu Djelantik Mokodompit segera memberikan klarifikasi. Beberapa persyaratan yang belum terpenuhi bisa membuat petahana ini bisa terganjal pada pencalonan untuk kali kedua.

Selain kepada Djelantik, KPU Kotamobagu juga memberikan peringatan yang sama kepada gabungan 14 partai nonseat yang mengusung pasangan bakal calon Toan Tongkasi-Lucky Mangkey. Lembaga penyelenggara pemilu ini memberikan tenggat kepada Djelantik dan pargab sampai dengan tanggal 20 April ini.

“Ada empat persyaratan prinsip yang perlu klrifikasi dari Djelantik. Selain itu, ada dua tanggapan dari masyarakat kepada Djelantik yang juga perlu diklarifikasi sebelum diteruskan ke Panwaslu. Sampai saat ini, tanggapan yang masuk memang hanya kepada bakal calon itu,” ujar Ketua KPU Kotamobagu Nayodo Koerniawan.

Nayodo tidak mengungkapkan apa saja yang empat persyaratan dan dua tanggapan dari masyarakat tersebut. Dia mengatakan hal tersebut masuk ranah etika. Namun dia mengatakan hal tersebut sangat serius. “Kami belum mendapat klarifikasi dari yang bersangkutan. Namun, jika sampai batas waktu tidak ada klarifikasi, maka kami, KPU akan umumkan,” kata dia.

Sedangkan masalah yang dihadapi pargab nonseat menyangkut keabsahan dukungan. Nayodo mengungkapkan ada beberapa dokumen yang tidak memenuhi syarat. “Beberapa dokumen dukungan ada tanda tangan yang dilakukan oleh orang yang tidak berkompeten, sehingga kami harus mengklarifikasinya,” kata dia lagi.

Dia menambahkan, pihak pargab nonseat sudah disampaikan pada tanggal 12 April lalu. Nayodo berharap, partai nonseat serius untuk menanggapi masalah tersebut. Jika tidak bisa diselesaikan, pasangan Toan Tongkasi-Lucky Mangkey bisa tidak turut berkompetisi memperebutkan kursi wali kota dan wakilnya periode 2013-2018.

“Senin pekan depan akan ada pemeriksaan kesehatan. Kalau tidak memberikan klarifikasi, kami anggap main-main saja keikutsertaan mereka. Pasangan mereka tidak akan kami kirim pada pemeriksaan kesehatan nanti. Biaya pemeriksaan ini mahal dan menggunakan uang negara,” kata dia.

Terpisah, Lucky Chandra Makalalag dari Tim Pemenangan Djelantik Mokodompit-Rustam Simbala (Djelas) memastikan, usunganya akan berkomitmen memenuhi permintaan kalrifikasi dari KPU Kotamobagu. Dia memastikan Partai Golkar yang mengusung Djelas mempunyai itikad baik.

“Kami akan mengikuti aturan dari KPU. Sebelum tenggat waktu yang diberikan, kami akan melengkapi semua kekurangan. Kami juga memenuhi seluruh hal yang menyangkut persyaratan pencalonan tersebut,” kata dia.(*)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply