KPU, Panwas dan Capil Berkoordinasi

KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kotamobagu terus berkoodinasi terkait daftar pemilih tetap (DPT) yang hingga kini diperbaiki.Menurut Ketua Divisi Data Informasi, Humas, Kampanye dan Hubungan Antar Lembaga KPU Kotamobagu, Asep Sabar, koordinasi tersebut dilakukan agar ke depan tidak ada lagi problem terkait DPT. “Bahkan tidak hanya dengan Panwaslu tetapi juga Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kotamobagu,” kata Asep di ruang kerjanya, Selasa (26/11) kemarin.

Pihak Panwas sendiri, lanjut Asep, sangat mendukung upaya yang dilakukan oleh KPU untuk melengkapi data DPT, terutama nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (NKK). “Koordinasi semacam ini penting dilakukan agar ke depannya tidak ada lagi problem, khususnya di Kota Kotamobagu,” ujar Asep menirukan apa yang disampaikan Ketua Pokja Pengawasan Panwaslu Kotamobagu, Ivan Tandayu.

Bahkan lebih jauh Ivan, lanjut Asep, menegaskan bahwa pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan staf yang ada di kecamatan desa untuk mencermati kembali DPT yang direkomendasikan pusat untuk terus diperbaiki, terutama yang invalid.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kotamobagu, R. Mokoginta, mengatakan pihaknya sudah melakukan pencermatan ulang, terutama mengecek secara detail warga yang terdaftar di DPT namun tidak memiliki NIK dan NKK. “Kami sudah berupaya semaksimal mungkin, bahkan terpaksa bekerja siang malam untuk mencermati pemilih sebagaimana rekomendasi KPU Kotamobagu,” kata Mokoginta di ruang kerjanya.(**)

Leave a Reply