KPU Minta Pemkot Koreksi DP4

KOTAMOBAGU— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu menseriusi masalah Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) pada Pemilihan Umum Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako) Kotamobagu Periode 2013-2018. Selain ditemukannya nama fiktif dalam DP4, KPU juga menemukan ketidakcocokan data dalam hardcopy dan softcopy yang diserahkan.

Permintaan perbaikan ini melalui surat resmi yang dilayangkan KPU Kotamobagu kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu perihal, koreksi terhadap DP4 untuk keperluan validasi data pemilih. “Kami juga menemukan adanya selisih. Pada jumlah hardcopy terdata 91.009 pemilih sementara dalam softcopy hanya 90.972 pemilih. Ada selisih 37 pemilih,” ungkap Nayodo di ruang kerjanya.

Menurutnya, data pemilih ini adalah hal prinsip sehingga harus dilakukan dengan serius dan teliti. KPU sangat memberikan perhatian khusus terhadap daftar pemilih ini sampai benar-benar valid sebelum ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Hampir di setiap daerah, daftar pemilih ini menjadi masalah. Bahkan bisa dikatakan masalah ‘klasik’ setiap ada pelaksanaan pemilihan. Entah itu Pilkada, Pemilu legislatif ataupun Pilpres. Untuk itu kami tidak mau main-main dengan daftar pemilih ini,” tegas Nayodo.(*)

Leave a Reply