Home / Berita / KPU: Masukan LDK dan Tim Kampanye

KPU: Masukan LDK dan Tim Kampanye

KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu berharap keseriusan tim pemenangan Jokowi-JK dan Prabomo-Hatta Kotamobagu untuk segera memasukkan laporan dana kampanye (LDK).

Penegasan tersebut disampaikan Aditya Tegela, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi teknis penyelenggara, hukum dan pengawasan. Menurut dia, pihaknya sudah menerima surat edaran dari KPU RI terkait hal itu. “Jadi kepada para tim pemenangan yang berasal dari koalisi parpol diminta segera memasukkan LDK,” tegas Aditya di ruang kerjanya, Rabu (04/06/14).

Pada tahap ini tim pemenangan capres-cawapres menyerahkan melaporkan rekening khusus kemudian penyerahan laporan dana kampanye tahap pertama. Setelah itu KPU akan mengaudit laporan dana kampanye tim pemenangan masing-masing pasangan. KPU membatasi sumbangan dana kampanye dari perorangan Rp 1 miliar. Dan dari badan usaha maksimal Rp 5 miliar.

“Berdasarkan Undang-undang Pemilu laporan penerimaan dana kampanye harus mencantumkan nama atau identitas penyumbang, alamat, dan nomor telepon yang dapat dihubungi,” kata Aditya.

Sebagaimana diketahui, KPU RI sudah mengeluarkan surat nomor 1230/KPU/V/2014 tertanggal 1 Juni 2014 tentang Laporan Dana Kampanye Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014. Dalam suratnya itu KPU RI menegaskan bahwa pasangan calon dan/atau Tim Kampanye tingkat nasional wajib membuka rekening khusus dana kampanye pada bank umum paling lambat 3 hari setelah pasangan calon ditetapkan oleh KPU.

Dalam hal tim kampanye tingkat nasional membentuk tim kampanye tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, wajib membuka dan melaporkan rekening khusus dana kampanye dan menyampaikan kepada KPU/KIP sesuai dengan tingkatannya.

Pembukuan penerimaan dan penggunaan dana kampanye dimulai  tiga hari setelah ditetapkan pasangan calon oleh KPU dan ditutup tujuh hari sebelum penyampaian laporan penerimaan dan penggunaan dana kampanye kepada kantor Akuntan Publik yang ditunjuk KPU.

Surat KPU tentang laporan dana kampanye pemilu presiden 2014 yang ditandatangani ketua KPU Husni Kamil Malik dan dikirimkan kepada seluruh KPU Provinsi dan KIP Aceh.

Sementara itu, Aditya menambahkan bahwa tim pemenangan juga harus segera memasukkan daftar nama tim pemenangan, khusus untuk local Kotamobagu. “Kalau ada kepala daerah atau wakilnya yang akan mengikuti kampanye diminta untuk memasukkan surat cuti ke KPU,” pungkas Aditya. (**)

About Admin Website

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …

Leave a Reply