KPU Lakukan Penyegaran

KOTAMOBAGU – Tak hanya pemerintah daerah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu juga melakukan penyegaran staf sekretariat serta para penyelenggara di level terbawah; PPS, PPK dan KPPS.

“Penyegaran dan pergeseran ini dilakukan dalam rangka peningkatan kinerja yang selama ini dianggap tidak sejalan dengan kami para komisioner, yang menjunjung tinggi integritas, netralitas dan profesionalitas,” tegas Nayodo Koerniawan, Ketua KPU Kotamobagu di ruang kerjanya, Minggu (27/04/14).

Nayodo menambahkan, keputusan yang diambil komisioner KPU Kotamobagu untuk menertibkan staf sekretariat serta penyelenggara ditingkat bawah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan semangat KPU dan itu sudah diatur dalam peraturan serta edaran KPU RI.

“KPU RI sudah memberikan penegasan untuk senantiasa mengevaluasi kinerja penyelenggara serta staf sekretariat yang tidak sejalan dengan semangat dan keinginan KPU.”

Di satu sisi, lanjut Nayodo, komisioner KPU Kotamobagu sebenarnya sangat tidak menginginkan ada staf sekretariat maupun penyelenggara ditingkat bawah yang harus diganti. “Kami tidak bisa mengelak ketika panitia pengawas pemilu (panwaslu) memberikan rekomendasi. Apalagi mereka memiliki catatan khusus dan dianggap tidak mencerminkan semangat KPU itu sendiri,” jelas Nayodo.

Ibarat sebuah kendaraan, masih kata Nayodo, komisioner KPU sudah berlari dengan kecepatan 100 kilometer perjam, sementara staf dan penyelenggara dilevel bawah masih jalan ditempat atau bahkan sudah berbelok arah dari tujuan sebenarnya.

“Karena itulah kami harus melakukan penyegaran,” pungkas Nayodo sambil menambahkan bahwa penyegaran yang dilakukannya sama sekali tidak bertendensi politik sebagaimana yang dilakukan pemerintah. (**)

Leave a Reply