KPU Kotamobagu Tambah PPDP

KOTAMOBAGU— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu akan menambah jumlah Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako) periode 2013-2018. Penambahan tersebut seiring dengan perkiraan jumlah Tempat Pemilih Suara (TPS) pada pemungutan suara pada tanggal 24 Juni mendatang.

“Awalnya memang jumlah PPDP 171 orang, namun akan kami tambah menjadi 239 orang. Jumlah tersebut mengikuti jumlah TPS pada pemungutan suara nanti,” ujar Ketua Pokja Sosialisasi KPU Kotamobagu Amir Halatan S.Sos.

Ditambahkan, ada beberapa pertimbangan dalam penentuan TPS tersebut. Satu di antaranya memberikan kemudahan akses kepada masyarakat untuk memilih. Harapannya, partisipasi pemilih pada Pilwako akan naik. Pertimbangan lainya juga tergantung pada jumlah pemilih di daerah tersebut.

“Kepastian jumlah TPS tersebut tetap akan menunggu Daftar Pemilih Tetap (DPT). Proses menuju DPT tersebut ada pemutakhiran data pada DPS (Daftar Pemilih Sementara). PPDP berperan penting dalam proses ini, sehingga nantinya menjadi DPT,” terang Amir.

Dia berharap peran aktif masyarakat saat pemutakhiran data ini. Kehadiran warga saat PPDP mendatangi rumah juga menjadi sangat penting. Kehadiran tersebut memudahkan petugas mendapatkan data sebenar-sebenarnya dari pemilih. Setelah itu, PPDP akan menempelkan stiker di rumah yang telah didata.

“Proses pemutakhiran data ini menjadi penting agar DPT nanti tidak bermasalah. Banyak gugatan pasca pemilu mengambil celah dari DPT. Jadi peran masyarakat memegang peranan penting. Kalau memang ragu, kami juga menyiapkan pusat informasi,” pungkas Amir.(*)

Leave a Reply