KPU Kotamobagu Buka Pendaftaran Pemantau

KOTAMOBAGU— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu mulai membuka pendaftaran Lembaga Pemantau Pemilihan Walikota dan Walikota (Pilwako) Kotamobagu 2013. Pendaftaran Lembaga Pemantau Pilwako dibuka mulai 2 Januari hingga 31 Mei 2013.
Menurut Ketua Pokja Kampanye Rubiyanto Suid SHut, pembukaan pendaftaran Lembaga Pemantau Pilwako 2013 ini sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 64 Tahun 2009 dan Keputusan KPU Kotamobagu Nomor 09/Kpts/KWK/KPU-KK/I/2013. “Lembaga pemantau Pilwako ini berbeda peran dengan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). Lembaga Pemantau Pilwako ini, juga mempunyai tugas yang sangat penting untuk mewujudkan Pilwako yang berkualitas dan demokratis,” kata Suid.

Dalam keputusan KPU disebutkan, Pemantau Pilwako bisa dilakukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan lembaga lain yang berbadan hukum. Lembaga pemantau harus bersifat independen, bebas, non partisan dan tidak mempunyai afiliasi kepada peserta Pilwako, dibuktikan dengan susunan pengurus.

Disebutkan pula, lembaga pemantau mempunyai sumber dana yang jelas, harus memperoleh sertifikat akreditasi dari KPU Kotamobagu. “Lembaga yang ingin terlibat bisa datang ke KPU Kotamobagu dan mengambil formulir atau bisa diunduh di www.kpukotamobagu.web.id,” terang Suid.

Diingatkan pula, lembaga pemantau harus menyiapkan daftar wilayah pantauan disertai dengan nama-nama relawan yang akan terlibat. “Harus ada daftar nama relawan. Semua kelengkapan berkas akan diverifikasi untuk penerbitan sertifikat akreditasi dari KPU Kotamobagu,” pungkasnya.(*)

Leave a Reply