Home / Berita / KPU Kotamobagu Bentuk TRB

KPU Kotamobagu Bentuk TRB

KOTAMOBAGU – Belum genap sebulan menjabat Sekretaris KPU Kotamobagu, berbagai gebrakan dilakukan Frans TA Manoppo membenahi tim kerjanya di Sekretariat KPU Kotamobagu.
Saat ini yang tengah dibahas, kata Frans saat dihubungi media ini, adalah pembentukan Tim Reformasi Birokrasi (TRB) KPU Kotamobagu. Diakui Frans, sebenarnya edaran KPU terkait pembentukan TRB sudah ada sejak Februari, hanya saja waktu itu dia belum dilantik, jadi agak molor.
“Dan, begitu dilantik kami langsung pacu program. Tapi inipun bukan tanpa problem, mengingat beberapa pos jabatan di sekretariat KPU Kotamobagu lowong lantaran pejabatnya ditarik pulang ke Pemkot Kotamobagu,” tegas Frans.
Sebagaimana diketahui TRB tersebut dibentuk dalam rangka mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi dalam lingkungan KPU yang telah dimulai pada tahun 2012. Selain TRB juga dibentuk Tim Agen Perubahan di lingkungan Sekretariat KPU Kotamobagu dengan tugas sebagai agent of change atau role model pelaksanaan RB untuk menggerakkan organisasi menuju perbaikan dan inovasi dan peningkatan pelayanan.
Pembentukan TRB sendiri melibatkan Komisioner dan staf sekretariat, untuk bersama-sama melakukan perubahan demi perbaikan pelayanan. Sebuah tim yang solid akan tercapai jika semua komponen yang terlibat didalamnya ada kerjasama yang baik. Saling berkomunikasi, dan memahami tupoksi masing-masing.
“Yang terpenting dari semua itu adalah koordinasi yang intensif, baik antara sekretariat dengan komisioner, di internal sekretariat itu sendiri, maupun koordinasi dengan pihak-pihak eksternal termasuk pemerintah daerah.”
Ketua KPU Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, menambahkan RB adalah langkah strategis untuk membangun aparatur agar lebih berfungsi serta berdaya maupun berhasil guna dalam mengemban tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional.
“Komitmen dan dukungan penuh jajaran KPU Kotamobagu dalam rangka mempercepat pelaksanaan RB di lingkungan KPU Kotamobagu dan menindaklanjuti rekomendasi atas hasil evaluasi RB ditandai dengan disusun dan dibentuknya TRB di lingkungan KPU Kotamobagu.”
RB di lingkungan sekretariat KPU Kotamobagu dilakukan untuk memperbaiki kinerja agar hasilnya nanti berdampak positif terhadap pelaksanaan kewenangan lembaga sebagai penyelenggara Pemilu. “Mengingat saat ini kita akan menggelar Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilihan Legislatif 2019,” kata Asep Sabar, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi perencanaan dan data.
“Berbagai kelemahan birokrasi yang di hadapai sekretariat KPU Kotamobagu selama ini akan dibenahi melalui konsolidasi rencana aksi program dan kegiatan reformasi birokrasi. Untuk itu tentunya dibutuhkan kesiapan kesekretariatan untuk bisa berubah. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …