Home / Berita / KPU KK Verfak PD, Hanura, PPP, PBB, PKPI

KPU KK Verfak PD, Hanura, PPP, PBB, PKPI

KOTAMOBAGU – Ada-ada saja kreatifitas yang ditampilkan partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2019 dalam menyemarakkan tahapan verifikasi faktual (verfak).
Adalah Partai Hanura Kota Kotamobagu, mereka menampilkan kebiasaan adat dalam menyambut tamu kehormatan. Karenanya tidak heran, tim KPU Kota Kotamobagu pun begitu tiba di lokasi langsung didapuk dan diterima secara adat, bahkan dituntun hingga memasuki ruang Sekretariat DPD Hanura Kota Kotamobagu di Kelurahan Matali, Kecamatan Kotamobagu Timur.
Secara keseluruhan, selain Hanura, pada hari kedua tahapan verfak parpol calon peserta Pemilu 2019, KPU Kota Kotamobagu mendatangi sekretariat empat parpol lain yakni Partai Demokrat, PPP, PBB dan PKPI.
“Tahapan verfak ini sebagai tindaklanjut dari Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) ini akan berlangsung hingga hari Kamis (01/02/18) besok,” kata Amir Halatan, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang juga penanggungjawab verfak parpol ini.
Sebagaimana diketahui, dalam putusannya MK mengabulkan permohonan uji materi terhadap Pasal 173 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Hal ini menandakan bahwa semua parpol, termasuk 12 parpol peserta Pemilu 2014, harus mengikuti verfak oleh KPU secara berjenjang. Bahkan putusan tersebut berlaku untuk Pemilu 2019 dan pemilu-pemilu selanjutnya.
Pertimbangan MK dalam memutuskan uji materi tersebut adalah untuk menghindari adanya perlakuan berbeda, karena itu proses verfak harus diberlakukan terhadap seluruh parpol calon peserta pemilu 2019. Alasan mendasar lainya, proses verfak bertujuan untuk menyederhanakan jumlah parpol peserta pemilu. Jika setiap pemilu tidak dilakukan verifikasi, maka jumlah parpol peserta akan terus bertambah.
Kalau dipahami tidak berlaku di 2019, maka sangat mungkin parpol-parpol baru mengalami ketidakadilan dan oleh karenanya Pemilu 2019 akan dikatakan melanggar UU dan Putusan MK, bahkan dinyatakan inkonstitusional.
Menurut Amir, hingga hari kedua verfak semua parpol yang ada di Kota Kotamobagu sudah secara baik memperlihatkan apa-apa yang menjadi persyaratan, diantaranya SK Pengurus, sekretariat dan keterwakilan perempuan.
“Hari terakhir besok kami akan mengunjungi lima parpol lainnya. Mudah-mudahan mereka juga akan mengikuti jejak parpol yang sudah diverfak dua hari ini dan semuanya memenuhi syarat.” (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …