Home / Berita / KPU KK Temui Disdukcapil

KPU KK Temui Disdukcapil

KOTAMOBAGU – Tak lama lagi tahapan pemutakhiran daftar pemilih (mutarlih) dalam rangka pemilihan walikota dan walikota Kota Kotamobagu akan segera digelar. Untuk itu KPU dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kotamobagu menggelar pertemuan, di kantor Disdukcapil, Senin (11/12/17) pagi.
“Pertemuan tadi itu sebenarnya lebih difokuskan pada sinkronisasi dukungan terhadap pasangan calon perseorangan atas nama Jainudin Damopolii dan Suharjo Makalalag. Berikutnya menyangkut kesiapan pemutakhiran daftar pemilih yang tahapannya akan dimulai dalam waktu tak lama lagi,” jelas Asep Sabar, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang mendampingi Ketua KPU Kota Kotamobagu; Nova Tamon, bertandang ke kantor Disdukcapil Kotamobagu.
Sebagaimana sudah diberitakan berbagai media, kata Asep, data yang diperoleh dari sistem informasi pencalonan (silon) ternyata dukungan pasangan calon perseorangan tersebut sebanyak 1.225 terindikasi tidak ada di DPT dan DP4.
“Karena itu KPU Kotamobagu menemui dan berkoordinasi, mengingat data penduduk itu ranahnya Disdukcapil, KPU Kota Kotamobagu tidak bisa mengambil keputusan sepihak tanpa Disdukcapil,” tegas Asep.
Kepada tamunya, Kadis Dukcapil Kotamobagu, Virgina D. Olii yang didampingi Mulyono Mokodompit, Sekretaris Disdukcapil, berjanji akan mempermudah berbagai kebutuhan yang diperlukan KPU Kota Kotamobagu.
“Kami akan langsung menindaklanjuti apa yang diminta oleh KPU Kota Kotamobagu. Ini penting agar persoalan data pemilih atau lain-lainnya bisa tuntas,” tegas Olii.
Dalam pertemuan tersebut, Nova Tamon menambahkan bahwa terkait pencalonan dari jalur perseorangan saat ini sudah memasuki tahap verifikasi faktual, yang dimulai tanggal 12 hingga 25 Desember 2017 mendatang.
“Nanti PPS dan PPK akan mendatangi langsung para pendukung satu persatu, sesuai dengan data yang ada di silon. Karena itu KPU Kota Kotamobagu ingin memastikan lebih dulu apakah mereka para pendukung pasangan Jainuudin-Suharjo sudah terdaftar di daftar pemilih, atau belum.”
Kepada Kadis dan jajaran Dukcapil Kotamobagu, Nova berharap ada koordinasi yang tidak putus-putusnya terkait dengan data pemilih. “Ini penting agar tidak ada persoalan di kemudian hari.”
Dibagian akhir pertemuan Asep sempat mengingatkan pihak Disdukcapil bahwa dalam waktu dekat ini Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) akan segera diserahkan ke KPU Kabupaten/Kota setelah sebelumnya disinkronisasi oleh KPU RI pasca penyerahan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), 24-27 Nopember 2017 lalu. (**)

About Admin KPU KK

Check Also

GCS Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS) sebagai bagian dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) …