KPU KK Buka Kotak Suara

KOTAMOBAGU – Untuk mencermati dan mencocokan data gugatan 19 TPS yang disampaikan tim Prabowo-Hatta, Senin (11/08/14) ini digelar pembukaan kotak suara di KPU Kotamobagu. “Pada awalnya kami tidak menyangka kalau Kotamobagu digugat, mengingat di daerah ini calon nomor urut 1 tampil sebagai pemenang. Tapi tidak masalah, kami tetap mengikuti prosedur yang ada,” kata Nayodo Koerniawan, membuka acara pembukaan kotak.

Dan, untuk menghindari argumentasi miring, lanjut Nayodo yang kemarin didampingi Nova Tamon dan Asep Sabar, KPU mengundang semua pihak, mulai dari Panwaslu, dua tim pemenangan calon dan kepolisian. “Alhamdulillah semuanya hadir dan acara berlangsung dengan baik,” ujar Nayodo.

Sebagaimana diketahui 19 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Kotamobagu masuk dalam gugatan tim Prabowo-Hatta setelah dilakukan perbaikan. “Dari 19 TPS tersebut terbagi dalam dua kelompok, yakni yang terkait dengan daftar pemilih khusus tambahan (DPKTb) serta selisih pengguna hak pilih dan surat suara,” kata Asep Sabar, komisioner KPU Kotamobagu kepada media ini.

Nah, setelah dilakukan pembukaan kotak, lanjut Asep, pihaknya nanti akan mencocokkan kembali apakah data yang ada di kotak suara tersebut terjadi selisih sebagaimana yang dituduhkan tim Prabowo-Hatta? “Yang pasti, ada selisih atau tidak, kami tetap akan membuat laporan dan mengirimnya ke Jakarta sebagai jawaban gugatan. Dokumen yang diambil dari kotak suara adalah Form AT Khusus, Form Model C7 dan Form Model A4,” jelas Asep.

Masih kata Asep, dari gugatan yang dilayangkan Prabowo-Hatta, ada terjadi selisih daftar pemilih khusus tambahan (DPKTb) di 9 TPS sebesar 41 suara dan kejanggalan pengguna hak pilih dengan jumlah surat suara di 10 TPS sebanyak 514. “Makanya kami harus meng-cross check dengan data yang ada di kotak suara.”

Hadir pada acara itu tiga personil Penawaslu Kotamobagu; Agus Paputungan, Shakespeare Makalunsenge, dan Ivan Tandayu. Dari saksi calon presiden ada Efendi Latief (Prabowo-Hatta), Wahid Makalalag dan Adrianus Mokoginta (Jokowi-JK). Dari kepolisian hadir Kapolsek Urban Kotamobagu, Kompol Efendi Tubagus serta IPDA Muh. Afsah (KBO Intel Polres Bolmong). (**)

Leave a Reply